PENGARUH HEDONIC SHOPPING VALUE, POSITIVE EMOTION, PADA PERILAKU IMPULSE BUYING KONSUMEN RITEL DI PT. MATAHARI DEPARTMENT STORE TBK BENGKULU

Herawan, Romi and Rina , Suthia Hayu (2014) PENGARUH HEDONIC SHOPPING VALUE, POSITIVE EMOTION, PADA PERILAKU IMPULSE BUYING KONSUMEN RITEL DI PT. MATAHARI DEPARTMENT STORE TBK BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-rom.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-rom.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Persaingan antar perusahaan ritel di Indonesia yang semakin ketat, mengharuskan para peritel berusaha untuk mempertahankan dan memenangkan persaingan dengan cara memahami perilaku konsumennya. Perilaku konsumen menarik yang terjadi di toko ritel adalah adanya impulse buying (pembelian yang tak terencana). Keputusan konsumen untuk melakukan pembelian tak terencana (impulse buying) dapat didasari oleh hedonic shopping value dan positive emotion. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Menganalisis pengaruh hedonic shopping value terhadap impulse buying pada konsumen PT. Matahari Department Store. Tbk Bengkulu. (2) Menganalisis pengaruh positive emotion terhadap impulse buying pada konsumen PT. Matahari Department Store. Tbk Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data penyusunan skripsi diperoleh dengan penyebaran kuisioner dan untuk menganalisa data digunakan program SPSS versi 16. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen PT. Matahari Department Store Tbk Bengkulu dengan jumlah responden 130 dan taraf kesalahan 0,05 (5%). metode yang digunakan dalam pengujian reliabilitas dan validitas mengggunakan program SPSS versi 16. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengaruh hedonic shopping value pada impulse buying yaitu sebesar 27,3% sedangkan pengaruh positive emotion Pada impulse buying yaitu sebesar 59,3% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.besarnya besarnya Adjusted adalah 0,620 yang artinya kedua variabel independen (hedonic shopping value dan positive emotion) dalam penelitian ini mampu menjelaskan 62% variasi yang terjadi dalam variabel dependennya (impulse buying). Berdasarkan uji signifikan variabel hedonic shopping value (X1) dan positive emotion (X2) masing- masing sebesar 3,962 dan 8,622 dengan tingkat signifikan 0,00 (α maksimal sebesar 0,05) dan jika dibandingkan dengan t tabel dengan nilai 1,97867. Hasil ini menunjukan bahwa secara parsial (sendiri-sendiri) variabel X1 (hedonic shopping value) dan variabel X2 (positive emotion) memberikan pengaruh terhadap variabel terpengaruh Y (impuse buying).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 11 Dec 2014 12:04
Last Modified: 11 Dec 2014 12:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10031

Actions (login required)

View Item View Item