PERAN SAYAP PARTAI DALAM MENENTUKAN EKSISTENSI PARTAI POLITIK (STUDI DEWAN PIMPINAN DAERAH PARTAI AMANAT NASIONAL KOTA BENGKULU)

Fathoni , Anton and Jarto , Tarigan and Budiyono , Budiyono (2014) PERAN SAYAP PARTAI DALAM MENENTUKAN EKSISTENSI PARTAI POLITIK (STUDI DEWAN PIMPINAN DAERAH PARTAI AMANAT NASIONAL KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-ant.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-ant.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Sayap Partai Dalam Menentukan eksistensi Partai Politik (studi DPD PAN Kota Bengkulu) tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dari sayap partai tersebut yaitu BM PAN (Barisan Muda Penegak Manant Nasional ) dalam meningkatkan Eksistensi Partai Amanat Nasional . Untuk mengetahui potensi apa saja yang dilakukan didalam mengembangkan dan meningkatkan komunitas sesuai dengan karakteristik pemuda. Untuk mengetahui faktor penghambat apa saja didalam menentukan eksistensi partai politik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian Deskriptif Kualitatif. Maka dari itu peneliti menetapkan 9 orang informan dari pengurus inti DPD PAN kemudian Dari Pengurus BM Pan serta 3 orang simpatisan BM PAN Kota Bengkuluan. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa dari aspek Peran Sayap Partai yaitu untuk meningkatkan eksistensi nya ada 4 faktor yang dilakukan, adanya faktor edukasi, mediasi, agregasi dan kontrol. Maka secara umum dapat dikatakan bahwa kinerja dari sayap partai tersebut telah memadai sesuai dengan AD/ART BM PAN tersebut. Walaupun tetap perlu adanya perbaikan dan peningkatan pada aspek-aspek yang menjadi unsur-unsur untuk menciptakan eksistensi partai tersebut. Hasil penelitian ini adalah hasil fungsi edukasi atau pendidikan politik yang kurang diterapkan tetapi hanya dilaksanakan menjelang pemilihan umum, begitu juga dengan fungsi mediasi karena masih banyak kendala yang dihadapi antara lain kurangnya partisipasi masyarakat. Adanya fungsi agregasi yang belum dilaksanakan kesegala bidang, namun hanya dilakukan dalam bentuk kegiatan sosial. Ditambah lagi dengan fungsi kontrol hanya dilakukan dalam bentuk pemberian pemikiran atau pendapat saja. Kurang nya action dari sayap partai tersebut untuk menjalankan fungsi kontrol yang sebenarnya, baik itu menjalani fungsi kontrol intern dan ekstern.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 17 Dec 2014 08:25
Last Modified: 17 Dec 2014 08:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10062

Actions (login required)

View Item View Item