ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN PASPOR PADA KANTOR IMIGRASI KLAS I BENGKULU

Trigustono, Ivano and Kahar , Hakim and Adityo , P. Ramadhan (2014) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN PASPOR PADA KANTOR IMIGRASI KLAS I BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-iva.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-iva.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada analisis kualitas pelayanan pembuatan paspor pada kantor Imigrasi Klas I Bengkulu. Dalam penelitian ini mengambil rumusan masalah bagaimana penilaian masyarakat tentang kualitas pelayanan pembuatan paspor yang diberikan Kantor Imigrasi Klas I Bengkulu setelah adanya mekanisme pembayaran melalui Bank BNI. Dengan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penilaian masyarakat terhadap kualitas pelayanan pembuatan paspor Kantor Imigrasi Klas I Bengkulu setelah adanya perubahan mekanisme pembayaran melalui Bank BNI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik quota sampling digunakan dalam pengambilan sampel sumber data. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian telah diketahui bahwa kualitas pelayanan pembuatan paspor di kantor Imigrasi Klas I Bengkulu belum dapat dikatakan berkualitas, hal ini dikarenakan dari keempat aspek yang digunakan dalam penelitian ini tidak ada yang bisa menggambarkan bahwa pelayanan yang diberikan dapat berkualitas hal ini dikarenakan masih adanya ketidaksesuaian antara SOP dengan prosedur yang diterapkan yang menyebabkan lamanya waktu yang dikeluarkan pemohon dalam pembuatan paspor, lamanya waktu tunggu yang dirasakan pemohon ketika jam istrahat telah berlalu, tidak ada penjelasan secara lisan mapun tulisan tentang biaya tambahan yang dikeluarkan pemohon selain melakukan pembayaran di Bank BNI, adanya petugas yang melayani dengan nada keras, kurangnya kenyamanan pemohon diruang tunggu akibat tidak adanya pendingin ruangan serta adanya bau tidak sedap berasal dari toilet. Maka dari itu Kantor Imigrasi Klas I Bengkulu perlu untuk melakukan banyak perubahan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dalam pembuatan surat perjalanan republik Indonesia atau biasa disebut paspor

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 18 Dec 2014 09:51
Last Modified: 18 Dec 2014 09:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10082

Actions (login required)

View Item View Item