Marjono, Marjono and Budiyono, Budiyono and Suratman, Suratman (2014) ANALISIS KINERJA PEGAWAI DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN AIR DIKIT KABUPATEN MUKOMUKO PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-mar.FS.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-mar.FS.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Aparat kecamatan sebagai bagian dari pegawai negeri dituntut untuk dapat menjadi motor penggerak pembangunan karena aparat kecamatan bersentuhan langsung dengan masyarakat sehingga akan lebih memahami keadaan dan kondisi masyarakat. Untuk itu pendayagunaan kinerja pegawai harus ditingkatkan, terutama yang berkaitan dengan kualitas, efisiensi, dan efektifitas pelaksanaan pelayanan publik. Berdasarkan hal tersebut penulis mencoba melakukan penelitian ilmiah dengan judul “Analisis kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan publik dikecamatan Air Dikit Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu”. Tujuan dari dilakukannya penelitian adalah mengetahui kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan dan sesuai dengan standar pelayanan dan fungsinya serta mengetahui kendala yang dihadapi oleh pegawai dalam memberikan pelayanan publik terhadap masyarakat kecamatan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian yang berusaha untuk menuturkan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data, jadi ia menyajikan data, menganalisis, dan menginterpretasi. Tempat penelitian adalah pada kantor kecamatan di kecamatan Air Dikit yang dilaksanakan pada bulan September sampai bulan Oktober 2014. Adapun aspek dalam penelitian ini di dasarkan pada indikator kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan publik oleh Kecamatan Air Dikit Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu. Indikator untuk mengukur kinerja pegawai secara individu ada enam indikator, yaitu (Robbins, 2006:260): 1. Kualitas, 2. Kuantitas, 3. Ketepatan Waktu, 4. Efektivitas, 5. Kemandirian, 6. Komitmen Kerja. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan populasi dan sampel dalam penelitian adalah pegawai kecamatan dan masyarakat. Informan penelitian atau sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, Informan merupakan orang dalam yang digunakan untuk memberikan keterangan dan informasi tentang situasi dan kondisi latar belakang penelitian. Dari hasil penelitian maka disimpulkan bahwa sebagian masyarakat menyatakan bahwa mereka merasa kurang puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh pegawai yang ada dikecamatan Air Dikit Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu. Pelayanan publik dikategorikan efektif apabila masyarakat mendapatkan kemudahan pelayanan dengan prosedur yang singkat, cepat, tepat, dan memuaskan. Rendahnya pendidikan aparat atau pengetahuan teknologi juga merupakan salah satu faktor penyebab buruknya kualitas pelayanan yang diberikan karena tingkat pendidikan atau pengetahuan aparat sangat mempengaruhi kemampuannya dalam melaksanakan pelayanan.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 18 Dec 2014 14:35 |
Last Modified: | 18 Dec 2014 14:35 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10095 |
Actions (login required)
View Item |