KUALITAS PELAYANAN PDAM KOTA BENGKULU (SURVEI TINGKAT KUALITAS PELAYANAN PADA PELANGGAN PDAM DI KECAMATAN GADING CEMPAKA KOTA BENGKULU)

Purnama , Muji R and Sugeng , Suharto and Alimansyah, Alimansyah (2014) KUALITAS PELAYANAN PDAM KOTA BENGKULU (SURVEI TINGKAT KUALITAS PELAYANAN PADA PELANGGAN PDAM DI KECAMATAN GADING CEMPAKA KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-muj.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-muj.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan PDAM Kota Bengkulu dengan cara mengunakan alat ukur dimensi kualitas pelayanan yaitu Tanggibel, Reliability, Responsivenes, Assurance dan Empati. Penelitian ini dilakukan karena menurut peneliti pelayanan yang dilakukan oleh PDAM Kota Bengkulu masih mengalami masalah sehingga perlu diadakannya penelitian kepada pelanggan PDAM Kota Bengkulu apakah pelanggan sudah puas atau tidak puas dengan pelayanan yang diberikan selama ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian yang dilakukan peneliti dengan cara survei dan alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah menyebar kuisioner/angket yang berbentuk skala likert. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa kualitas pelayanan PDAM Kota Bengkulu berada pada skala nilai yang Sedang yaitu 6,31. Kualitas pelayanan PDAM dari aspek Tanggibel berada pada nilai kualitas yang tinggi yaitu 8.06, dari aspek Reliability nilai kualitas pelayanan ada pada tingkat yag sedang yaitu 5,98, selajutnya kualitas pelayanan dari aspek Responsivenes ada pada tingkat yang Sedang yaitu 5.94, kualitas pelayanan dari aspek Assurance berada pada tingkat yang sedang yaitu 4,6 dan yang terahir kualitas pelayanan dari aspek Empati ada pada tingkat nilai yang Sedang yaitu 6,98. Berikut ini merupakan saran yang penulis buat agar PDAM dapat berbenah yaitu pihak PDAM Harus membuat terobosan baru agar air yang di produksi berkualitas baik, apabila ada penghentian air atau masalah PDAM harus memberi tahu kepada pelanggan, PDAM harus mengevaluasi masalah tarif karena menurut pelanggan tarif terlalu mahal dan tidak sesuai dengan pelayanan yang diberikan, PDAM juga harus memperbaiki masalah penangganan keluhan.dan PDAM harus memperbaiki meteran yang rusak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 18 Dec 2014 15:44
Last Modified: 18 Dec 2014 15:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10099

Actions (login required)

View Item View Item