EFEKTIVITAS PROGRAM PENGEMBANGAN SD-SMP SATU ATAP DI KABUPATEN MUKOMUKO (STUDI KASUS DI SDN 03 SUNGAI RUMBAI DAN SMPN 40 SATU ATAP MUKOMUKO)

Aini, Nurfatni and Achmad , Aminudin and Suratman, Suratman (2014) EFEKTIVITAS PROGRAM PENGEMBANGAN SD-SMP SATU ATAP DI KABUPATEN MUKOMUKO (STUDI KASUS DI SDN 03 SUNGAI RUMBAI DAN SMPN 40 SATU ATAP MUKOMUKO). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-nur.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-nur.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Efektivitas Program Pengembangan SD-SMP Satu Atap di Kabupaten Mukomuko (Studi Kasus Pada SDN 03 Sungai Rumbai dan SMPN 40 Satu Atap Mukomuko). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas dari pelaksanaan program pengembangan SD-SMP Satu Atap di Kabupaten Mukomuko dengan studi kasus di SDN 03 Sungai Rumbai dan SMPN 40 Satu Atap Mukomuko. Dalam penelitian ini menggunakan teknik kualitatif yang bersifat deskriptif. Sasaran penelitian ini ada 17 orang informan yang ditentukan dengan Purposive Sampling dengan aspek penelitian diantaranya yaitu: a) Tepat Kebijakan; b) Tepat Pelaksana; c) Tepat Target; d) Tepat Lingkungan. Sesuai dengan aspek di atas maka diperoleh hasil penelitian yaitu: a) keberadaan SMPN 40 Satu Atap Mukomuko mampu menaikkan Angka Partisipasi Kasar di 3 desa yaitu Desa Mekarsari, Desa Sidodadi, dan Desa Banjarsari mencapai 99% dan Angka Putus Sekolah SMP Desa Mekarsari dan Desa Banjarsari mencapai 0% sedangkan Desa Sidodadi berada di angka 3,7%; b) masih kurangnya tenaga pendidik di SMPN 40 Satu Atap Mukomuko dibuktikan adanya tumpang tindih tugas mengajar bagi guru SMP yang mengajar rangkap, manajemen pengelolaan 2 sekolah dengan 1 orang kepala sekolah yang kurang optimal, kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai yaitu buku pembelajaran siswa dan guru, buku perpustakaan, ruang perpustakaan, dan ruang serbaguna; c) SMPN 40 Satu Atap Mukomuko memiliki potensi masukan siswa yang cukup walaupun belum 100%; d) opini guru mengemukakan kurangnya tenaga pendidik sangat mempengaruhi proses belajar mengajar di SDN 03 Sungai Rumbai, dan opini masyarakat terhadap keberadaan SMPN 40 Satu Atap Mukomuko yang cukup baik. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan belum efektifnya kegiatan pembelajaran di SMPN 40 Satu Atap, sehingga penulis menyarankan untuk adanya upaya penambahan sumberdaya pendidikan bagi SMPN 40 Satu Atap Mukomuko

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 18 Dec 2014 16:08
Last Modified: 18 Dec 2014 16:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10101

Actions (login required)

View Item View Item