ANALISIS IMPLEMENTASI PROSEDUR ADMINISTRASI PROGRAM SIMPAN PINJAM PEREMPUAN (SPP) DI KECAMATAN KEPAHIANG KABUPATEN KEPAHIANG

Sari , Osi Maya and Titiek , Kartika and Nursanty, Nursanty (2014) ANALISIS IMPLEMENTASI PROSEDUR ADMINISTRASI PROGRAM SIMPAN PINJAM PEREMPUAN (SPP) DI KECAMATAN KEPAHIANG KABUPATEN KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-osi.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-osi.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Implementasi Prosedur Administrasi Program Simpan Pinjam Perempuan (SPP) di kecamatan Kepahiang Kabupaten Kepahiang”. Program Simpan Pinjam Perempuan (SPP) ini merupakan salah satu program/kegiatan dari Program Nasional Pemberdayaan Masayarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) yang merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang digunakan dalam upaya mempercepat penanggulangan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja di wilayah pedesaan. Permasalahan yang sering terjadi dalam perguliran dana Simpan Pinjam Perempuan (SPP) di kecamatan Kepahiang, adalah kurangnya kepedulian masyarakat akan proses administrasi yang harus diikuti sebelum perguliran dana dan masalah lain adalah ditemukannya peminjam fiktif pada penerima dana Simpan Pinjam Premepuan (SPP). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif, sedangkan aspek-aspek yang digunakan adalah alur dari proses perguliran dana SPP dari perencanaan keuangan dan kegiatan perguliran, informasi perguliran dana SPP, proposal kelompok, verifikasi, MAD perguliran, tim pendanaan, Unit Pengelola Kegiatan (UPK), Surat Perjanjian Kredit (SPK), hingga perguliran dana. Dalam menentukan informan menggunakan teknik purposive sampling. Dimana yang menjadi sampelnya 5 orang pengurus UPK PNPM kecamatan Kepahiang, 1 orang pengurus Tim Pengelola Kegiatan (TPK), 8 orang anggota, jadi totalnya adalah 14 orang. Adapun teknik pengumpulan datanya dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh proses administrasi dalam perguliran dana Simpan Pinjam Perempuan (SPP) di kecamatan Kepahiang dilakukan dengan prosedur dari Petunjuk Teknik Operasional Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat PTO-PNPM. Dalam pelaksanaan proses perguliran dana Simpan Pinjam Perempuan (SPP) tersebut ditemukan adanya calon pengguna atau anggota kelompok SPP fiktif dan ketidak hadiran anggota kelompok SPP dalam proses perguliran dana SPP seperti Musyawarah Antar Deasa (MAD) perguliran dan verifikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 19 Dec 2014 08:28
Last Modified: 19 Dec 2014 08:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10102

Actions (login required)

View Item View Item