EFEKTIVITAS PELAYANAN PEMBERIAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN DI BADAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU DAN PENANAMAN MODAL(BPPTPM) KOTA BENGKULU

Susanti, Rovi and Achmad , Aminudin and Alimansyah, Alimansyah (2014) EFEKTIVITAS PELAYANAN PEMBERIAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN DI BADAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU DAN PENANAMAN MODAL(BPPTPM) KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-rov.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-rov.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memfokuskan penelitian pada Efektivitas pelayanan Pemberian Izin Mendirikan Bangunan di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Dan Penanaman Modal (BPPTPM) Kota Bengkulu. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya ketransparan dalam pemberian pelayanan guna tidak adanya pelayanan yang illegal di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Dan Penanaman Modal (BPPTPM) Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelayanan Izin Mendirikan Bangunan oleh Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPPTPM) Kota Bengkulu. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Fokus penelitian mengacu pada tiga aspek , i). Ketepatan waktu pelayanan ii). Ketransparan pelayanan iii). Keakuratan pelayanan. Informan berjumlah 11 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, terdiri dari aparat pelayanan IMB di BPPT Kota Bengkulu dan lima orang perwakilan dari masyarakat yang mengurus IMB di BPPT. Peneliti memperoleh hasil penelitian sebagai berikut: Dilihat dari aspek ketepatan waktu pelayanan: ketepatan waktu pelayanan yang berdasarkan standar operasional prosedur (SOP). Dari aspek transparan pelayanan, keterbukaan penyelenggaraan atau pelaksanaan pelayanan membantu mempermudah masyarakat untuk mengakses pelayanan tersebut dan keterbukaan biaya dalam pelayanan memperkecil biaya-biaya yang illegal. Dari aspek keakuratan pelayanan, pelayanan yang diterimah masyarakat dari aparat instansi ini itu bebas dari kesalahan dikarenakan pelakasanaan kegiatan kerja itu berdasarkan SOP. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah pelaksanaan dan penyelesaian waktu pelayanan yang meliputi keakuratan dan ketransparan itu sudah efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 19 Dec 2014 14:29
Last Modified: 19 Dec 2014 14:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10108

Actions (login required)

View Item View Item