ANALISIS PROSEDUR PELAYANAN ADMINISTRASI PASIEN RAWAT JALAN RSUD HASANUDDIN DAMRAH MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Julianto , Rupin and Achmad , Aminudin and Nursanty, Nursanty (2014) ANALISIS PROSEDUR PELAYANAN ADMINISTRASI PASIEN RAWAT JALAN RSUD HASANUDDIN DAMRAH MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-rup.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (21MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-rup.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya keluhan pasien rawat jalan seperti persyaratan, informasi dan petunjuk alur pelayanan tidak tersedia, dengan permasalahan tersebut penulis tertarik mengangkat judul Analisis Prosedur Pelayanan Administrasi Pasien Rawat Jalan RSUD Hasanuddin Damrah Manna Bengkulu Selatan. Tujuan penelitian untuk mendapatkan gambaran tentang Prosedur pelayanan administrasi pasien rawat jalan RSUD Hasanudin Damrah Manna. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya yaitu: kasubbag tata usaha, petugas pendaftaran, pegawai poliklinis, petugas apoteker dan pasien rawat jalan. Aspek-aspek yang diteliti sesuai SOP adalah (1). Pendaftaran pasien rawat jalan, (2). Pengisian buku register pendaftaran rawat jalan, (3). Penulisan nama pasien, (4). Penomoran rekam medis, (5). Pengisian rekam medis rawat Jalan, (6). Pelayanan resep obat, (7). Pengembalian dokumen rekam medis rawat jalan. Dari hasil analisa data yang dikumpulkan maka penulis menarik kesimpulan prosedur pelayanan administrasi pasien rawat jalan RSUD Hasanudin Damrah Manna Bengkulu Selatan, yaitu (1). Persyaratan pendaftaran pasien rawat jalan yang diminta oleh petugas tidak tercantum dalam SOP belum terpenuhi, (2). Pengisian buku register pendaftaran rawat jalan belum ada daftar kunjung, asal pasien, dan diagnosanya yang sesuai dengan SOP, (3). Penulisan nama pasien belum sepenuhnya sesuai SOP seperti nama awal gelar, (4). Penomoran rekam medis sesuai SOP yaitu ditulis 6 angka diambil dari buku register pendaftaran, (5). Pengisian rekam medis rawat jalan sesuai SOP, yang diisi oleh petugas pendaftaran dan dokter/petugas poliklinik, (6). Pelayanan resep obat dijalankan petugas sesuai dengan SOP, (7). Pengembalian dokumen rekam medis rawat jalan tidak sesuai dengan penggolongan pada rak yang tercantum dalm SOP. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa prosedur pelayanan rawat jalan masih ada yang belum terlaksana.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 19 Dec 2014 15:05
Last Modified: 19 Dec 2014 15:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10110

Actions (login required)

View Item View Item