PERANAN DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI DALAM MENGATASI KECELAKAAN KERJA (STUDI KASUS DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROVINSI BENGKULU)

Aseppitra , Tomi and Kahar , Hakim and Nursanty, Nursanty (2014) PERANAN DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI DALAM MENGATASI KECELAKAAN KERJA (STUDI KASUS DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROVINSI BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-tom.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-tom.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: “Peranan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu Dalam Mengatasi Kecelakaan Kerja (Studi Kasus Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa-apa saja peranan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu dalam mengatasi kecelakaan kerja dan apa sajakah yang menjadi faktor penghambat dalam menjalankan peranan tersebut. Di dalam melakukan penelitian penulis menggunakan metode deskriftip kualitatif yang mencoba menggambarkan keadaan aslinya, pengambilan data dalam skripsi ini dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu, PT Bio Nusantara dan PT PNVII Unit Padang Pelawi. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini yaitu terdiri dari Kepala bidang pengawasan ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu, pegawai pengawas ketenagakerjaan, Kepala perusahaan dari PT Bio Nusantara dan PT PNVII Unit Usaha Padang Pelawi, karyawan perusahan dari PT Bio Nusantara dan PT PNVII Unit Usaha Padang Pelawi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peranan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam melakukan pembinaan, pengawasan, dan evaluasi dalam mengatasi kecelakaan kerja di perusahaan sudah cukup baik, akan tetapi pelaksanaan di lapangan masih di temui para tenaga kerja yang tidak menggunakan alat keselamatan kerja. Dari pihak perusahaan juga yang masih membiarkan pekerja yang bekerja untuk tidak memakai alat keselamatan, padahal di dalam undang-undang keselamatan kerja di wajibkan untuk memakai alat keselamatan. Selain itu dapat mengambarkan apa saja yang menjadi faktor penghambat Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam menjalankan perananya, karna masih di anggap kurang maksimal, hal ini dikarnakan faktor pekerjanya sendiri, sumber daya pengawas. Sehingga hal tersebut masih menghambat Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam menjalankan peranannya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 19 Dec 2014 16:02
Last Modified: 19 Dec 2014 16:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10114

Actions (login required)

View Item View Item