STRATEGI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) SEBAGAI PARTAI DAKWAH DALAM MELAKUKAN PENDIDIKAN POLITIK KEPADA MASYARAKAT (STUDI PADA DPC PKS KECAMATAN PADANG JAYA KABUPATEN BENGKULU UTARA)

Beladina , Wildan Pratama and Titiek , Kartika and Mirza , Yasben (2014) STRATEGI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) SEBAGAI PARTAI DAKWAH DALAM MELAKUKAN PENDIDIKAN POLITIK KEPADA MASYARAKAT (STUDI PADA DPC PKS KECAMATAN PADANG JAYA KABUPATEN BENGKULU UTARA). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-wil.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-wil.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “strategi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai partai dakwah dalam melakukan pendidikan politik kepada masyarakat di Kecamatan Padang Jaya.” Latar belakang peneliti mengangkat penelitian ini adalah realitas turunnya raihan suara pemilu legislatif partai-partai Islam dan rendahnya pemahaman konsep politik Islam di kecamatan padang jaya. Hal ini dapat dilihat dari analisis fenomena raihan suara parpol Islam yang turun disetiap pemilu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan PKS dalam menyelesaikan fenomena masyarakat yang kurang mengerti tentang berpolitik dalam Islam di Kecamatan Padang Jaya. Fokus penelitian diarahkan diarahkan pada langkah-langkah partai dalam menjalankan fungsi sebagai partai dakwah. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif fenomenalogi dengan data primer berupa hasil wawancara mendalam, sedangkan data sekunder diambil dari dokumentasi dan catatan lapangan. Informan berjumlah 6 orang, terdiri dari orang yang mempunyai tugas di struktur dewan pimpinan cabang (DPC PKS) dengan latar belakang tingkat pendidikan yang berbeda. Penelitian ini memperoleh hasil penelitian sebagai berikut; Strategi yang dilakukan dewan pimpinan cabang PKS dalam memberikan pemahaman politik Islam kepada masyarakat yaitu dengan cara membuat kelompok binaan yang terdiri dari masyarakat, memberikan ceramah-ceramah di setiap kesempatan mimbar-mimbar masjid, dengan mengadakan pertemuan-pertemuan agama menjelang pemilu dan dengan mendirikan lembaga-lembaga yang memprioritaskan pendidikan agama Islam. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah mayoritas strategi yang dibuat DPC PKS Kecamatan Padang Jaya sudah sesuai dengan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan strategi yang dibuat.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 22 Dec 2014 08:43
Last Modified: 22 Dec 2014 08:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10120

Actions (login required)

View Item View Item