TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA (STUDI PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 KOTA BENGKULU)

Sari , Dian Murti and Azhar , Marwan and Yudisiani, Yudisiani (2014) TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA (STUDI PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-dia.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (195kB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-dia.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (383kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana teknik komunikasi persuasif yang dilakukan guru untuk mengembagkan kecerdasan spiritual siswanya.Teknik komunikasi persuasif dimaksudkan agar siswa dapat menangkap pesan-pesan persuasif dari guru sehingga dapat bertindak sesuai dengan keinginannya.. Penelitian ini menggunakan Model Psikodinamika. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dekriptif, teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan data primer yang diperoleh dari observasi, wawancara terhadap guru dan siswa kelas lima A selaku informan penelitian dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder diperoleh dari jurnal, makalah dan artikel online. Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis penelitian kualitatif model miles dan huberman , yakni reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil analisis data penelitian diuji keabsahannya menggunakan teknik triangulasi dengan langsung melakukan pemeriksaan data, dimana peneliti tidak hanya menggunakan satu sumber data, satu metode pengumpulan data atau hanya menggunakan pemahaman pribadi peneliti saja, namun juga melakukan pengecekan kembali dengan penelitian lain. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa selama ini guru menerapkan teknik komunikasi persuasif pada siswa dengan menumbuhkan motivasi serta pencontohan langsung sikap dan perilaku guru yang sesuai dengan tuntunan dalam Islam yang dilakukan melalui kegiatan pengembangan diri. Untuk mengembangkan kecerdasan spiritual, guru menggunakan teknik komunikasi persuasif yaitu teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik ganjaran dan teknik tataan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 22 Dec 2014 10:15
Last Modified: 22 Dec 2014 10:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10126

Actions (login required)

View Item View Item