PANDANGAN ETNIS MINANGKABAU TENTANG NOVEL TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK (STUDI PADA MASYARAKAT MINANGKABAU DI BENGKULU)

Sari , Dita Kurmala and Gushevinalti, Gushevinalti and Alfarabi, Alfarabi (2014) PANDANGAN ETNIS MINANGKABAU TENTANG NOVEL TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK (STUDI PADA MASYARAKAT MINANGKABAU DI BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-dit.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-dit.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menemukan bagaimana cara pandang etnis Minangkabau, baik pandangan golongan tua etnis Minangkabau dan pandangan muda etnis Minangkabau tentang novel yang berjudul Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Hamka. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik Interactive Model of Analysis (analisis model interakatif), teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan data primer yang berupa novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck dan wawancara mendalam terhadap informan penelitian. Sedangkan data sekunder diperoleh dari jurnal, makalah dan artikel online. Hasil analisis data penelitian diuji keabsahannya menggunakan teknik triangulasi sumber, yaitu diperoleh dari beberapa sumber data melalui wawancara dengan informan penelitian. Melalui Individual Differences Theory (Teori Perbedaan Individu) hasil menunjukkan bahwa dari latarbelakang cerita pada novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck masyarakat Minangkabau golongan tua dan golongan muda memiliki persepsi yang beragam dalam memaknai adat yang berlaku didaerah Minangkabau. Ada yang berpendapat sama dan ada pula yang mengatakan bahwa sekarang cerita pada novel itu tidaklah berlaku lagi. Hal itu karena pengaruh globalisasi, pendidikan, dan kemajuan teknologi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 22 Dec 2014 10:21
Last Modified: 22 Dec 2014 10:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10127

Actions (login required)

View Item View Item