PENGGUNAAN BLACKBERRY MESSANGER SEBAGAI MEDIA BELANJA ONLINE DI KALANGAN REMAJA KOTA BENGKULU (STUDI PENGGUNAAN BLACKBERRY SEBAGAI MEDIA BELANJA ONLINE)

Sari , Ellen Permata and Gushevinalti, Gushevinalti and Yudisiani, Yudisiani (2014) PENGGUNAAN BLACKBERRY MESSANGER SEBAGAI MEDIA BELANJA ONLINE DI KALANGAN REMAJA KOTA BENGKULU (STUDI PENGGUNAAN BLACKBERRY SEBAGAI MEDIA BELANJA ONLINE). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-ell.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-ell.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas yang terjadi kepada siswa pengguna Blackberry yang diawali dari adanya fenomena siswa Sekolah Menengah Pertama yang telah menggunakan teknologi canggih sebagai media berbelanja online seperti Blackberry yang memiliki fitur Blackberry messenger. Blackberry yang dirancang khusus untuk orang-orang yang memiliki mobilitas yang cukup tinggi, kini terkesan akrab dan dapat dimiliki yang ingin memilikinya. Awalnya Blackberry di ciptakan sebagai alat komunikasi manusia tetapi kenyataannya sekarang Blackberry sudah di gunakan oleh remaja di kota Bengkulu sebagai media belanja online. hal inilah yang membawa perubahan budaya belanja dan gaya hidup siswa terhadap perkembangan teknologi di kalangan masyarakat. Gaya hidup remaja terkesan lebih trendy karena remaja menggunakan alat teknologi sebagai media mereka belanja. Perlu diketahui bahwa banyak hal-hal yang mendorong siswa untuk menggunakan online shop, faktor-faktor pendorong tersebut seperti; harga yang lebih murah, ketersediaan atau jenis barang lebih banyak, selera yang berbeda-beda, online shop sudah menjadi trend dikalangan masyarakat,dan pengaruh teman. Selain itu keterlibatan orang tua pun ikut mendorong terjadinya online shop dikalanngan siswa, orang tua lebih banyak terlibat dalam proses pembayaran dan orang tua juga sering memberikan masukan terhadap barang yang akan siswa beli. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berusaha menganalisis temuan-temuan dilapangan yang menjadikannya sebagai suatu hasil dari penelitian yang dilakukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dengan cara wawancara mendalam secara langsung kepada informan, dan diperoleh pula dari kegiatan observasi, dan penelitian pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah adanya fenomena yang terjadi pada siswa pengguna Blackberry messenger sebagai media belanja online, penelitian ini juga membuktikan bahwa teknologi mampu membawa perubahan terhadap baik itu budaya, gaya hidup dan cara berpikir remaja

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 22 Dec 2014 10:51
Last Modified: 22 Dec 2014 10:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10129

Actions (login required)

View Item View Item