PENGARUH MENONTON FILM SHINGEKI NO KYOJIN SERI ATTACK ON TITAN TERHADAP PERILAKU MENIRU FASHION TOKOH ANIME (STUDI PADA REMAJA ANGGOTA KOMUNITAS COSPLAY BENGKULU)

Kusuma , Herdyan Adi and Gushevinalti, Gushevinalti and Yudiasiani, Yudiasiani (2014) PENGARUH MENONTON FILM SHINGEKI NO KYOJIN SERI ATTACK ON TITAN TERHADAP PERILAKU MENIRU FASHION TOKOH ANIME (STUDI PADA REMAJA ANGGOTA KOMUNITAS COSPLAY BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-her.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-her.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menonton film Shingeki No Kyojin seri Attack on Titan terhadap perilaku meniru fashion tokoh Anime pada remaja anggota komunitas cosplay Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, observasi dan studi pustaka, penelitian dilakukan pada komunitas cosplay Bengkulu dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling, dengan jumlah responden 28 orang. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh positif secara parsial antara intensitas menonton terhadap perilaku meniru fashion tokoh Anime pada remaja anggota komunitas cosplay Bengkulu dan tidak terdapat pengaruh secara parsial antara fashion pada film terhadap perilaku meniru fashion tokoh Anime pada remaja anggota komunitas cosplay Bengkulu. Selanjutnya hasil penelitian tentang pengaruh menonton ini diperkuat dengan analisis uji regresi berganda, dengan besar pengaruh 21,8% sedangkan sisanya 78,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti lingkungan keluarga, kelompok, media lain dan sebagainya. Dan dari hasil uji F diperoleh bahwa harga Fhitung lebih besar dari harga Ftabel (Fhitung = 3,489266 > Ftabel = 3,39). Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis menyatakan bahwa jika Fhitung > Ftabel maka Hipotesis Kerja (HK) diterima, artinya secara simultan menonton film “Shingeki no Kyojjin”seri Attack on Titan memiliki pengaruh terhadap perilaku meniru fashion tokoh Anime. Hasil penelitian ini juga berhasil menguji Teori Bandura (modeling) sebagai landasan Teori yang digunakan peneliti, bahwa ketika seseorang memperhatikan sebuah film secara intens dan memperhatikan secara detil fashion atau sesuatu yang melekat pada tubuh seorang tokoh/model/panutan, maka akan berpengaruh pula terhadap perilaku berpakaian penontonnya. Artinya, antara intensitas menonton dan fashion pada film Shingeki No Kyojin seri Attack on Titan merupakan komponen penting dan saling berkaitan untuk mempengaruhi remaja anggota komunitas cosplay Bengkulu dalam mengatur cara berpakaiannya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 22 Dec 2014 11:56
Last Modified: 22 Dec 2014 11:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10134

Actions (login required)

View Item View Item