PERSEPSI MASYARAKAT KOTA BENGKULU MENGENAI PRABOWO SUBIANTO DALAM IKLAN POLITIK VERSI INDONESIA MACAN ASIA (Studi pada Kelurahan Pematang Gubernur)

Yani, Innama Feby and Lely , Arrianie and Lamhir , Syam Sinaga (2014) PERSEPSI MASYARAKAT KOTA BENGKULU MENGENAI PRABOWO SUBIANTO DALAM IKLAN POLITIK VERSI INDONESIA MACAN ASIA (Studi pada Kelurahan Pematang Gubernur). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-inn.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-inn.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menemukan bagaimana persepsi masyarakat kota Bengkulu mengenai Prabowo Subianto dalam iklan politik versi Indonesia macan Asia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah yang meliputi attention (perhatian), interest (ketertarikan), desire (keinginan atau kebutuhan), conviction (rasa percaya), action (tindakan).Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara dan kajian pustaka sebagai pisau analisisnya, dalam proses wawancara peneliti mengajukan pertanyaan kepada informan dengan menggunakan wawancara yang tidak terstrukur. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan data primer yang berupa wawancara dan observasi partisipan kepada informan yang secara dipilih secara teknik purposive. Sedangkan data sekunder diperoleh dari foto dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil analisis data penelitian diuji keabsahannya menggunakan teknik triangulasi sumber, yaitu diperoleh dari beberapa sumber data melalui wawancara dengan informan penelitian. Data dilapangan menunjukkan bahwa persepsi masyarakat lebih banyak yang mengatakan 6 orang dari 10 informan menyatakan sangat kurang tertarik dengan iklan politik versi Indonesia macan Asia karena dalam iklan hanya menampilkan sisi positif dari Prabowo Subianto saja seharusnya lebih menjelaskan visi dan misi dari beberapa program yang nantinya akan dilakukan apabila dirinya terpilih saat pemilihan presiden sedangkan 4 informan menyatakan tertarik dengan iklan politik versi Indonesia macan Asia dengan alasan bahwa symbol macan yang digunakan dalam iklan politik versi Indonesia macan Asia sangatlah cocok dengan kepribadian Prabowo Subianto yang tegas, dan pemberani. Berdasarkan konsep AIDCA, iklan politik versi Indonesia macan Asia telah memenuhi kriteria diantaranya attention, interest, desire, convictions, dan action meskipun tidak semua kriteria terdapat dalam iklan tersebut. Hasil menunjukkan bahwa iklan politik versi Indonesia macan Asia persepsi masyarakat ternyata memberikan tanggapan yang kurang baik dilihat dari segi isi iklan maupun tampilan iklannya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 22 Dec 2014 14:44
Last Modified: 22 Dec 2014 14:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10136

Actions (login required)

View Item View Item