PARTISIPASI POLITIK PEMILIH PEMULA DALAM PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF 2014 (STUDI TENTANG KETERLIBATAN POLITIK PEMILIH PEMULA SISWA SMK NEGERI 3 KOTA BENGKULU)

Piosy , Koko and Lely, Arrianie and Lamhir , Syam Sinaga (2014) PARTISIPASI POLITIK PEMILIH PEMULA DALAM PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF 2014 (STUDI TENTANG KETERLIBATAN POLITIK PEMILIH PEMULA SISWA SMK NEGERI 3 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-kok.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-kok.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian tentang partisipasi politik Pemilih pemula dalam pemilihan umum legislatif 2014 studi keterlibatan politik politik Siswa SMK Negeri 3 kota Bengkulu bertujuan Untuk mengetahui Bentuk partisipasi politik Siswa/i SMK Negeri 3 kota Bengkulu pada Pemilihan umum Anggota Legislatif 2014. Penelitian ini berlandaskan pada pilsafat postpositivis menggunakan pendekatan penelitian Interpretif kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang menghasilkan data Deskriptif dengan tekhnik pengumpulan data dengan dua cara yaitu studi pustaka dan studi lapangan yang meliputi wawancara mendalam, observasi partisipan pasif serta dokumentasi. Pemilihan umum merupakan agenda politik pemerintah dan publik setiap lima tahun sekali dilaksanakan di seluruh wilayah Negara kita. Selain itu pemilu merupakan salah satu pilar utama tegaknya negara demokratis melalui pemilihan pemimpin yang akan mewakili suara rakyat di DPR,DPD dan DPRD. Dalam Pemilihan umum Anggota Legislatif 2014 rakyat secara langsung dilibatkan dan diikutsertakan didalam termasuk Pemilih pemula dalam menentukan arah dan kebijakan politik Negara untuk lima tahun kedepan. sebuah negara dikatakan demokrasi apabila mampu melaksanakan pemilu sesuai dengan norma-norma yang berlaku. pemilu juga merupakan sarana pembentukan pemerintahan dan sebagai sarana pendidikan politik rakyat. Pemilih pemula yang menjadi kajian dalam penelitian ini karena Kapasitas Pemilih pemula yang sangat besar yakni sebanyak 49.446 orang atau 20 persen dari jumlah DPT di lingkungan Masyarakat serta sangat potensial dan belum mempunyai pengalaman dalam Pemilihan umum maka banyak partai politik memanfaatkan Pemilih pemula dijadikan objek politik semata dengan berbagai rayuan dan iming-iming sesaat saja. Keterlibatan politik pemilih pemula dalam Pemilihan umum Anggota Legislatif 2014 dalam berbagai bentuk partisipasi politik diantaranya kesadaran warga masyarakat akan pengetahuan mereka terhadap pemilihan umum 2014 , Diskusi politik, Bergabung menjadi tim sukses Partai politik (Parpol) atau Calon Legislatif (Caleg) serta kelompok kepentingan, Kegiatan Kampanye dan Pemberian suara pada saat Pemilihan umum Anggota Legislatif 2014 Berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 23 Dec 2014 08:36
Last Modified: 23 Dec 2014 08:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10140

Actions (login required)

View Item View Item