ANALISIS MODEL BERLO DALAM KOMUNIKASI PEMBANGUNAN (STUDI EVALUATIF KOMUNIKASI DISPORABUDPAR KABUPATEN OKU DENGAN WARGA DESA PADANG BINDU DALAM PEMBANGUNAN KAWASAN WISATA TERPADU)

AN , Octa Kurniawan and Azhar , Marwan and Khairil , Buldani (2014) ANALISIS MODEL BERLO DALAM KOMUNIKASI PEMBANGUNAN (STUDI EVALUATIF KOMUNIKASI DISPORABUDPAR KABUPATEN OKU DENGAN WARGA DESA PADANG BINDU DALAM PEMBANGUNAN KAWASAN WISATA TERPADU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-oct.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-oct.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Model Berlo dalam Komunikasi Pembangunan, Studi Evaluatif Komunikasi Disporabudpar Kabupaten OKU dengan Warga Desa Padang Bindu dalam Pembangunan Kawasan Wisata Terpadu. Sebagai Konsekuensi dari kebijakan otonomi daerah, setiap daerah dituntut untuk menggali dan memanfaatkan potensi sumber daya yang dimiliki secara optimal. Pariwisata menjadi salah satu sektor andalan dalam rangka percepatan pembangunan daerah. Melihat potensi yang ada, Disporabudpar Kabupaten OKU mewacanakan pengembangan sektor pariwisata dengan konsep Kawasan Wisata Terpadu di desa Padang Bindu. Tentunya proses pembangunan dapat berjalan baik dengan adanya komunikasi antara pemerintah dengan warga di daerah pembangunan, sehingga komunikasi dianggap penting dalam proses pembangunan. Untuk itu, perlu disusun strategi komunikasi agar pesan pembangunan dapat diterima dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pembangunan yang dilakukan Disporabudpar Kabupaten OKU dengan warga desa Padang Bindu dalam pembangunan Kawasan Wisata Terpadu dengan menganalisis menggunakan komponen model David K Berlo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihak Disporabudpar Kabupaten OKU telah melakukan upaya komunikasi persuasif dengan menggunakan perencanaan komunikasi yang menggabungkan Top Down Planning dan BottomUp Planning sehingga komunikasi berjalan dua arah. Dengan menganalisa komponen-komponen model David K Berlo dalam upaya pembangunan, ditemukan bahwa model tersebut tidak cocok diterapkan dalam pembangunan Kawasan Wisata Terpadu didaerah pedesaan karena model tersebut bersifat linier

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 23 Dec 2014 10:14
Last Modified: 23 Dec 2014 10:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10144

Actions (login required)

View Item View Item