ANALISIS MODEL PEMBERDAYAAN KELOMPOK SADAR WISATA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN EKONOMI ALTERNATIF (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DI PANTAI SUNGAI SUCI DESA PASAR PEDATI KABUPATEN BENGKULU TENGAH)

Hutapea , Oshkardo Ignatius and Novi , Hendrika Jaya Putra and Syupalhan , Gumay (2014) ANALISIS MODEL PEMBERDAYAAN KELOMPOK SADAR WISATA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN EKONOMI ALTERNATIF (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DI PANTAI SUNGAI SUCI DESA PASAR PEDATI KABUPATEN BENGKULU TENGAH). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-osh.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-osh.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat (PPM) adalah suatu proses pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup atau kesejahteraan sosial masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan salah satu model pemberdayaan masyarakat melalui pemberdayaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Pantai Sungai Suci. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah anggota dari Pokdarwis yang berjumlah 12 orang dan keseluruhannya adalah laki-laki, dengan usia antara 27 tahun sampai dengan 57 tahun dan semuanya merupakan pedagang di Pantai Sungai Suci. Penelitian ini dimulai dengan wawancara secara langsung dengan Ketua Pokdarwis, baru kemudian para anggotanya. Hasilnya didapat bahwa dibentuknya kelompok ini bertujuan untuk menciptakan kerjasama antar pedagang di Pantai Sungai Suci dalam mengelola dan melestarikan lokasi wisata ini agar meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Sungai Suci. Dalam pelaksanaannya, Pokdarwis menerapkan prinsip Sapta Pesona untuk melestarikan potensi wisata yang ada. Dimana yang termasuk didalamnya yaitu Kebersihan, Ketertiban, Keamanan, Kesejukan, Keindahan, Keramahtamahan, dan Kenangkenangan. Tetapi ada beberapa rencana kegiatan Pokdarwis yang belum terlaksana karena terhalang dana bantuan pemerintah yang belum turun. Dalam lingkup perekonomian, ada perubahan ekonomi masing-masing anggota Pokdarwis Sungai Suci yang cukup berpengaruh bagi pemenuhan kebutuhan keluargnya, ada juga yang tidak mengalami perubahan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 24 Dec 2014 10:45
Last Modified: 24 Dec 2014 10:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10159

Actions (login required)

View Item View Item