BENTUK INTERAKSI SOSIAL ANTAR KELAS PETANI KARET SAAT MUSIM PACEKLIK (STUDI KASUS DI DESA KAYU ARANG, KECAMATAN SUKARAJA, KABUPATEN SELUMA)

Supriadi , Tomi and Alex , Abdu Chalik and Agus , Setiyanto (2014) BENTUK INTERAKSI SOSIAL ANTAR KELAS PETANI KARET SAAT MUSIM PACEKLIK (STUDI KASUS DI DESA KAYU ARANG, KECAMATAN SUKARAJA, KABUPATEN SELUMA). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-tom.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-tom.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dan penjelasan tentang bagaimana bentuk interaksi sosial antar kelas petani karet saat musim paceklik di Desa Kayu Arang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan secara tepat tentang bentuk interaksi sosial antar kelas petani karet saat musim paceklik. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling, dimana yang menjadi sampelnya disini adalah 15 orang yang terdiri dari Kepala Desa Kayu Arang, Tokoh Masyarakat, dan petani Desa Kayu Arang. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kerjasama yang rutin dilakukan oleh warga guna untuk mencapai kepentingan bersama misalnya dalam kegiatan kegiatan gotong royong karena warga Desa kayu Arang memiliki sikap saling tolong menolong yang kuat. Pada musim paceklik warga senantiasa saling membantu antara petani miskin dan petani kaya karena secara tidak langsung mereka juga saling membutuhkan untuk memenuhi kebutuhan hidup masing-masing. Persaingan dalam interaksi sosial juga terjadidi Desa Kayu Arang dan biasanya warga selalu menyelesaikannya dengan cepat karena mereka sadar bahwa persaingan yang tidak sehat akan menimbulkan permusuhan. Pertentangan atau Pertikaian pada warga Desa Kayu Arang karena adanya perbedaan pendapat yang terkadang warga bersikeras dengan pendapat masing-masing sehingga terjadinya salah paham tetapi biasanya hal ini juga cepat diselesaikan karena warga desa sadar hanya akan membawa dampak tidak baik saja. Kesimpulan yang diperoleh adalah Bentuk Interaksi Sosial Antar Kelas Petani Karet Saat Musim Paceklik berjalan dengan baik sehingga untuk menghadapi musim paceklik masyarakat sudah terbiasa dan menghadapinya dengan cara mereka sendiri dalam bertahan hidup.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 24 Dec 2014 11:02
Last Modified: 24 Dec 2014 11:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10161

Actions (login required)

View Item View Item