HUBUNGANANTARAMOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR (STUDI PADAMAHASISWA SOSIOLOGI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS BENGKULU)

Herlinda, Wiwi and Hasan , Pribadi and Heni , Nopianti (2014) HUBUNGANANTARAMOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR (STUDI PADAMAHASISWA SOSIOLOGI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,III-14-wiw.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-wiw.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan disiplin belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu Angkatan 2010-2013. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Teori Pilihan Rasional. Teknik penetapan sampel menggunakan “Random Sampling”. Pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner. Analisis data dilakukan dengan pengeditan data, pengkodean data dan setelah itu dianalisis menggunakan Product Moment sampai pada penarikan kesimpulan untuk mendapatkan konsep-konsep sebagai hasil penelitian. Temuan di lapangan mengidentifikasi bahwa motivasi belajar dan disiplin belajar berhubungan dengan prestasi belajar mahasiswa. Fakta di lapangan menunjukkan: Pertama, motivasi belajar berhubungan dengan prestasi belajar mahasiswa, hal ini dibuktikan dengan hasil uji korelasi Product Moment sebesar 0,378 dan besar pengaruhnya sebesar 14,97% signifikan pada taraf 95%. Setelah dilanjutkan dengan uji korelasi Partial dimana motivasi belajar tidak signifikan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa ketika dikontrol oleh disiplin belajar dikarenakan motivasi belajar ini memiliki hubungan semu dengan IPK karena nilai hitung korelasi partial lebih kecil daripada nilai hitung korelasi Product Moment yaitu sebesar 0,222 dan pengaruhnya sebesar 4,92% signifikan pada taraf 95%. Kedua, ada hubungan antara variabel disiplin belajar dengan prestasi belajar mahasiswa, hal ini dibuktikan dengan hasil uji korelasi Product Moment sebesar 0,363 dan besar pengaruhnya sebesar 13,17% signifikan pada taraf 95%. Setelah dilanjutkan dengan uji korelasi Partial dimana disiplin belajar tidak signifikan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa ketika dikontrol oleh motivasi belajar dikarenakan disiplin belajar ini memiliki hubungan semu dengan IPK karena nilai hitung korelasi partial lebih kecil daripada nilai hitung korelasi Product Moment yaitu sebesar 0,171 dan besar pengaruhnya sebesar 2,92% signifikan pada taraf 95%. Hasil penelitian menunjukkan secara umum motivasi belajar dan disiplin belajar termasuk dalam kategori cukup baik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 29 Dec 2014 09:39
Last Modified: 29 Dec 2014 09:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10178

Actions (login required)

View Item View Item