PEMANFAATAN FAMILI ZINGIBERACEAE SEBAGAI TANAMAN OBAT TRADISIONAL OLEH MASYARAKAT DI KECAMATAN KARANG TINGGI KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Ningsih , Apri Rahmada and Rochmah , Supriati and RR , Sri Astuti (2014) PEMANFAATAN FAMILI ZINGIBERACEAE SEBAGAI TANAMAN OBAT TRADISIONAL OLEH MASYARAKAT DI KECAMATAN KARANG TINGGI KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-apr-FM.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,LAMP,III-14-apr-FM.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian tentang pemanfaatan tanaman obat famili Zingiberaceae di Kecamatan Karang Tinggi Kab. Bengkulu Tengah ini telah dilakukan pada bulan Agustus sampai dengan Desember 2012. Tujuan penelitian untuk ini mengetahui jenis-jenis tumbuhan, bagian tanaman yang dimanfaatkan dan cara pengolahan menjadi obat tradisional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara dengan purposive sampling dan snowball sampling, pengkoleksian tanaman obat. Data yang didapat dianalisis secara deskriptif. Dari hasil penelitian didapat 10 jenis tanaman dari famili Zingiberaceae yang dimanfaatkan sebagai tanaman obat tradisional Alpinia galanga (L) Willd (Lengkuas), Bosenbergia rotunda (L) Mansf (Temu Kunci), Curcuma aeruginosa Roxb (Temu Hitam), Curcuma longa L (Kunyit), Curcuma zanthorhiza Roxb (Temulawak), Etlingera elatior (Jack) R. M. Smith (Kecombrang), Kaempferia galanga L (Kencur), Zingiber officinale Var Rubrum (Jahe Merah), Zingiber officinale Roscoe (Jahe Putih), dan Zingiber zerumbet (L) Roscoe (L empuyang). Bagian yang digunakan sebagai obat yaitu rimpang dan bunga. Jenis penyakit yang dapat diobati dengan tanaman dari famili zingiberaceae yaitu perut kembung, maag, demam, keputihan, bengkak/nyeri, pelancar darah, batuk, eksim, masuk angin, rematik, panu/kurap, penambah nafsu makan, bau badan, cacingan, penyakit telinga, alergi. Cara pengolahannya dengan direbus, ditumbuk, diparut, dibakar, dan untuk penggunaan dilakukan dengan cara diminum, ditempel, dan digosok.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 08 Jan 2015 08:45
Last Modified: 08 Jan 2015 08:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10189

Actions (login required)

View Item View Item