HOME RANGE DAN JENIS–JENIS POHON YANG DIMANFAATKAN SIAMANG (SYMPHALANGUS SYNDACTYLUS RAFFLES, 1821) UNTUK ISTIRAHAT DAN MAKAN DI TAMAN WISATA ALAM (TWA) SEBLAT PROVINSI BENGKULU

Wijaya, Taufiq Firman and Jarulis, Jarulis and Santi , Nurul Kamilah (2014) HOME RANGE DAN JENIS–JENIS POHON YANG DIMANFAATKAN SIAMANG (SYMPHALANGUS SYNDACTYLUS RAFFLES, 1821) UNTUK ISTIRAHAT DAN MAKAN DI TAMAN WISATA ALAM (TWA) SEBLAT PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-tau-FM.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-tau-FM.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui luas home range dan jenis pohon yang dimanfaatkan siamang (Symphalangus syndactylus) untuk istirahat dan makan di TWA Seblat. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Mei 2014, menggunakan metode continuous sampling. Parameter yang diamati meliputi jelajah harian siamang, home range siamang, nama jenis pohon yang dimanfaatkan, tinggi pohon dan diameter pohon. Hasil penelitian menunjukkan panjang jelajah harian rata-rata siamang 0,58 km dan luas home range ±59,2 ha. Jenis tumbuhan habitus pohon yang dimanfaatkan siamang untuk istirahat dan makan yaitu 16 pohon dari 10 spesies. Jenis - jenis pohon istirahat siamang sebanyak 5 spesies meliputi meranti (Shorea sp.), beringin (Ficus sp.), ketapang (Terminalia catappa), durian (Durio zibethinus), laban (Vitex sp.) dan jenis-jenis pohon yang digunakan siamang untuk mendapat makanan sebanyak 5 spesies meliputi pulai (Alstonia scholaris), kedondong hutan (Spondias pinnata), kluwih (Artocarpus camansi), asam kandis (Garcinia xanthochymus), dan terap (Artocarpus odoratissimus). Tinggi pohon yang dimanfaatkan siamang berkisar antara 19,17 – 38,53 meter dengan diameter rata-rata 0,96 meter.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 08 Jan 2015 15:22
Last Modified: 08 Jan 2015 15:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10195

Actions (login required)

View Item View Item