PENERAPAN BERMAIN PLAY DOUGH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MEMBENTUK PADA ANAK DI KELOMPOK BERMAIN PAUD MUARA KASIH KECAMATAN KOTA MANNA

Apriza, Anggi and I Wayan , Dharmayana (2015) PENERAPAN BERMAIN PLAY DOUGH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MEMBENTUK PADA ANAK DI KELOMPOK BERMAIN PAUD MUARA KASIH KECAMATAN KOTA MANNA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-ang.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-ang.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Alasan diadakan penelitian ini adalah bahwa: Rendahnya kreativitas anak, guru lebih mengutamakan kemampuan akademis, guru membiarkan anak bermain sendiri tampa arahan, guru hanya menggunakan media yang tersedia. Tujuan penelitian secara umum adalah untuk mengetahui peningkatan kreativitas membentuk pada anak melalui penerapan bermain play dough di Kelompok bermain PAUD Muara Kasih Kecamatan Kota Manna. Tujuan khusus penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan kretivitas membentuk pada anak melalui bermain play dough dengan cetakan, untuk mengetahui peningkatan kretivitas membentuk pada anak melalui bermain play dough dengan kreasi anak sendiri. Metode penelitian adalah menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan bermain play dough dengan cetakan dapat meningkatkan kreativitas membentuk pada anak, ini dibuktikan dengan keberhasilan anak Pada siklus I dengan katagori nilai sangat kreatif mencapai 30,88%, anak yang kreatif 38,24%. Peningkatan kreativitas anak pada siklus I adalah 69,12%. Penerapan bermain play dough dengan kreasi anak sendiri dapat meningkatkan kreativitas membentuk pada anak, ini dibuktikan dengan keberhasilan anak Pada siklus II dengan katagori nilai sangat kreatif mencapai 39,70%, anak yang kreatif 42,71%. Keberhasilan kreativitas anak pada siklus II ini sudah mencapai 82,35%. Kesimpulannya adalah terjadi peningkatan yang signifikan hasil penelitian penerapan bermain play dough untuk meningkatkan kreativitas membentuk pada anak dari siklus I hanya 69,12% sedangkanpada siklus II sudah mencapai 82,35%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 15 Jan 2015 09:30
Last Modified: 15 Jan 2015 09:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10212

Actions (login required)

View Item View Item