STUDI PEMANFAATAN EKSTRAK AIR UMBI UBI JALAR UNGU (IPOMOEA BATATAS (L.) POIR) SEBAGAI INDIKATOR ALAMI UNTUK MENDETEKSI BORAKS

Sari, Indah Puspita and Dwita , Oktiarni and Sal , Prima Yudha (2014) STUDI PEMANFAATAN EKSTRAK AIR UMBI UBI JALAR UNGU (IPOMOEA BATATAS (L.) POIR) SEBAGAI INDIKATOR ALAMI UNTUK MENDETEKSI BORAKS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-ind-FM.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-ind-FM.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah ekstrak air umbi ubi jalar ungu dapat digunakan sebagai indikator alami untuk mendeteksi adanya boraks berdasarkan analisis kualitatif menggunakan spektrofotometer UV-Vis. Tahap penelitian yang dilaksanakan yaitu identifikasi sampel, pembuatan larutan ekstrak umbi ubi jalar ungu, uji stabilitas larutan dan pengukuran panjang gelombang. Berdasarkan hasil analisis UV-Vis, larutan ekstrak air umbi ubi jalar ungu dapat digunakan sebagai indikator untuk mengidentifikasi boraks. Fenomena ini didukung oleh adanya puncak serapan pada panjang gelombang 601-609 nm saat boraks ditambahkan ke dalam larutan ekstrak. Di samping itu lama waktu penyimpanan larutan sangat berpengaruh terhadap pergeseran panjang gelombang dimana hanya pada hari ke-1 menunjukkan hasil terbaik. Oleh karena itu dalam analisis boraks sebaiknya dilakukan dalam keadaan larutan segar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 15 Jan 2015 09:30
Last Modified: 15 Jan 2015 09:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10213

Actions (login required)

View Item View Item