MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK MELALUI KEGIATAN SENAM OTAK PADA KELOMPOK B KELAS AL FARABI RAUDHATUL ATHFAL RABBI RADHIYYA CURUP KABUPATEN REJANG LEBONG

Dewi, Chandra and Sazili, Muchtar and Delrefi, Delrefi (2015) MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK MELALUI KEGIATAN SENAM OTAK PADA KELOMPOK B KELAS AL FARABI RAUDHATUL ATHFAL RABBI RADHIYYA CURUP KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan kegiatan senam otak dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak di kelompok B kelas Al Farabi RA Rabbi Radhiyya Curup Kabupaten Rejang Lebong. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B sebanyak 20 orang, yang semuanya laki-laki. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan , siklus I pertemuan 1 dan ke 2 pada tanggal 29 dan 30 September 2014, dan siklus II pertemuan 1 dan 2 dilaksanakan pada tanggal 1 dan 2 Oktober 2014. Teknik pengumpulan data dari hasil observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa pada kategori kelenturan menggerakkan jari-jari tangan meningkat dari 10% menjadi 85%, pada kategori keseimbangan dalam melakukan gerakan dari 40% menjadi 95%, pada kategori ketangkasan dan kecepatan dalam menirukan setiap gerakan yang diajarkan dari 50% menjadi 95%. Berdasarkan Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan melalui kegiatan senam otak dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak. Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya pihak sekolah menyediakan atau memberikan sarana dan prasarana yang memadai, dan mengembangkan prasarana yang telah ada khususnya dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik anak, sehingga tercipta rasa aman dan menyenangkan bagi anak usia dini. Penelitian ini dapat menjadi masukan guna membantu dalam peningkatan kecerdasan kinestetik anak di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 15 Jan 2015 09:43
Last Modified: 15 Jan 2015 09:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10216

Actions (login required)

View Item View Item