MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR EKSPRESI DI PAUD DEWI GUNA KARTIKA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI KELAS ’B’ PAUD DEWI GUNA KARTIKA KELURAHAN PASAR UJUNG KECAMATAN KEPAHIANG)

Angraini, Dewi and Sazili, Muchtar and Delrefi, Delrefi (2015) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR EKSPRESI DI PAUD DEWI GUNA KARTIKA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI KELAS ’B’ PAUD DEWI GUNA KARTIKA KELURAHAN PASAR UJUNG KECAMATAN KEPAHIANG). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-dew.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-dew.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggambar Ekspresi. Khususnya yang meliputi kecerdasan kinestetik atau secara khususnya keterampilan motorik halus, yang meliputi melatih keterampilan jari anak dalam memegang alat tulis, koordinasi jari-jari, melatih koordinasi antara jari dan tangan serta memupuk keberanian anak dalam menarik alat tulis pada anak kelompok B PAUD Dewi guna kartika. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 15 orang yang terdiri dari 8 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi dan tehnikanalisis data menggunakan teknik analisis presentase keberhasilan dan statistic sederhana. Hasil Penelitian menunjukkan dengan Melalui Kegiatan Menggambar Ekspresi dapat meningkatkan Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus anak yang terbukti dengan hasil persiklusnya yaitu pada siklus I tingkat keberhasilan mencapai 43,75%. Dan hasil penelitian ini dapat direkomendasikan kepada guru PAUD, terbukti dengan kegiatan menggambar ekspresi dapat meningkatkan keterampilan motorik halus.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 15 Jan 2015 10:04
Last Modified: 15 Jan 2015 10:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10221

Actions (login required)

View Item View Item