PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK MELALUI PERMAINAN KUCING DAN TIKUS DI KELOMPOK B KELAS ZULAIKHA RA RABBI RADHIYYA KECAMATAN CURUP

Susanti, Elva and Manap, Somantri and Norman, Syam (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK MELALUI PERMAINAN KUCING DAN TIKUS DI KELOMPOK B KELAS ZULAIKHA RA RABBI RADHIYYA KECAMATAN CURUP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-elv.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-elv.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah permainan Kucing dan Tikus dapat meningkatkan keterampilan sosial anak di kelompok B Kelas Zulaikha RA Rabbi Radhiyya Kecamatan Curup. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data yang digunakan dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan permainan Kucing dan Tikus dapat meningkatkan keterampilan sosial anak yang meliputi 8 aspek yaitu dapat bersosialisasi dengan teman, dapat bekerjasama dalam permainan, memiliki sikap simpati, dapat berperilaku akrab dengan teman, sabar menunggu giliran, memperlihatkan ekspresi emosi gembira, mengetahui aturan permainan, dan mau melaksanakan aturan permainan. Hal ini dapat dilihat pada persentase keberhasilan siklus I yakni 42,5%, pada siklus II persentase keberhasilan meningkat menjadi 66,25%, sedangkan pada siklus III persentase keberhasilan meningkat hingga 83,75%. Disimpulkan bahwa permainan Kucing dan Tikus dapat meningkatkan keterampilan sosial anak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 15 Jan 2015 15:10
Last Modified: 15 Jan 2015 15:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10243

Actions (login required)

View Item View Item