PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL ANAK USIA 5 – 6 TAHUN (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI PAUD DHARMA WANITA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KOTA BENGKULU)

Novianti, Fitri and I Wayan , Dharmayana and Wembrayarli, Wembrayarli (2015) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL ANAK USIA 5 – 6 TAHUN (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI PAUD DHARMA WANITA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-fit.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (276kB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-fit.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (960kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan sosial anak usia 5-6 Tahun melalui metode bermain peran di PAUD Dharma Wanita Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, subjek penelitian ini berjumlah 10 orang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 5 orang anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus ada 4 kali pertemuan, adapun tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi yang yang berisikan indikator tentang kecerdasan sosial anak. Dan hasil dari penelitian adalah pada siklus I ratarata yang selalu melakukan kecerdasaan sosial persentase 37,5 %., dan di siklus II yaitu meningkat yaitu yang selalu melakukan kecerdasan sosial rata-rata menjadi persentase 78,6 %. Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan peningkatan kecerdasan sosial anak usia 5-6 tahun melalui metode bermain peran. Disarankan dapat menggunakan metode bermain peran dalam upaya meningkatkan kecerdasan sosial anak

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 16 Jan 2015 14:47
Last Modified: 16 Jan 2015 14:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10255

Actions (login required)

View Item View Item