MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA MELALUI PENGELOMPOKKAN BENTUK GEOMETRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BARANG BEKAS DI PAUD DAHLIA V BARU MANIS

Hatifa, Hatifa and Sri , Saparahayuningsih (2015) MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA MELALUI PENGELOMPOKKAN BENTUK GEOMETRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BARANG BEKAS DI PAUD DAHLIA V BARU MANIS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-hat.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-hat.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan logika-matematika melalui pengelompokkan bentuk geometri, pada ada anak usia dini dengan media barang bekas. Penelitian ini dilakukan karena banyak anak dikelas yang belum bisa menyebutkan dan menunjukkan bentuk-bentuk geometri dengan benar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ), dengan subjek penelitian anak kelompok A PAUD Dahlia V Barumanis Kecamatan Bermani Ulu Kabupaten Rejang Lebong tahun pelajaran 2014 – 2015, berjumlah 17 anak, yang terdiri dari 7 orang perempuan dan 10 orang laki – laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi (4) refleksi.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tehnik observasi. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan anak dalam pengelompokkan bentuk geometri dan digunakan juga untuk mengetahui aktivitas anak dikelas ketika proses belajar mengajar berlangsung. Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan diketahui bahwa penerapan pengelompokkan bentuk geometri dengan media barang bekas dapat meningkatkan kecerdasan logika-matematika anak usia dini. Hal ini dapat dilihat dari keberhasilan kemampuan anak dalam mengelompokkan bentuk geometri pada siklus pertama sebanyak 35,29 %, pada siklus kedua menjadi 82,23 %,kemampuan anak mengelompokkan bentuk geometri meningkat sebanyak 46,94%. Dilihat dari hasil tersebut maka pembelajaran ini baik untuk diterapkan pada saat mengajar di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 16 Jan 2015 15:07
Last Modified: 16 Jan 2015 15:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10258

Actions (login required)

View Item View Item