MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN MENIUP ‘BALON’ (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI KELOMPOK B1 RAUDHATUL ATHFAL AL MADANI DESA NANTI AGUNG KECAMATAN TEBAT KARAI KABUPATEN KEPAHIANG)

Erika, Ida and Sazili, Muchtar and Delrefi, Delrefi (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN MENIUP ‘BALON’ (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI KELOMPOK B1 RAUDHATUL ATHFAL AL MADANI DESA NANTI AGUNG KECAMATAN TEBAT KARAI KABUPATEN KEPAHIANG). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-ida.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-ida.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak melalui kegiatan bermain meniup ‘balon’. Khususnya yang meliputi kemampuan kemandirian, kerjasama, pengendalian emosi dan kedisiplinan anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah anak kelompok B1 Raudhatul Athfal (RA) Al Madani yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 10 orang anak laki-laki dan 10 orang anak perempuan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi dan tehnik analisis data menggunakan analisis statistik sederhana. Hasil Penelitian menunjukkan dengan permainan meniup ’balon’ dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak yang terbukti dengan hasil persiklusnya yaitu pada siklus I tingkat keberhasilan mencapai 51,25% pada siklus II menjadi 91,25%. Dari hasil penelitian ini dapat direkomendasikan kepada guru PAUD, bahwa terbukti dengan kegiatan bermain meniup “Balon” dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 16 Jan 2015 15:52
Last Modified: 16 Jan 2015 15:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10263

Actions (login required)

View Item View Item