SOLUSI MODEL EQUIPMENT REPLACEMENT PROBLEM UNTUK PENGELOLAAN MOBIL DINAS DENGAN PENDEKATAN PEMROGRAMAN DINAMIS (STUDI KASUS: TNI-AL BENGKULU)

Jayamahesti, TIika Harianti and Fanani , Widodo and Zulfia , Memi Mayasari (2015) SOLUSI MODEL EQUIPMENT REPLACEMENT PROBLEM UNTUK PENGELOLAAN MOBIL DINAS DENGAN PENDEKATAN PEMROGRAMAN DINAMIS (STUDI KASUS: TNI-AL BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-tik-FM.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (30MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-tik-FM.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (25MB)

Abstract

Pengelolaan kendaraan dinas yang baik semestinya merupakan suatu upaya mengelola operasionalisasi kendaraan dinas secara efektif dan efisien sedemikian sehingga biaya operasional minimal. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun model matematika dengan menggunakan model equipment replacement problem pada kasus pengelolaan kendaraan dinas di TNI-AL Bengkulu serta menyelesaikan model matematika tersebut dengan pemrograman dinamis. Model matematika dibangun berdasarkan biaya pembelian kendaraan, biaya pemeliharaan kendaraan, harga jual yang menjadi objek studi selama kendaraan diperoleh hingga tahun 2014. Data tersebut menjadi basis menganalisa dan menentukan waktu yang tepat untuk menjual kendaraan tersebut untuk pengoptimalan anggaran yang harus dikeluarkan oleh TNI-AL Bengkulu. Model matematika ini merupakan prosedur dalam meminimalkan biaya kebijakan pengelolaan pergantian kendaraan. Hasil studi terkait kasus yang dipertimbangkan menggunakan equipment replacement problem dan pemrograman dinamis menunjukkan ketidakefisienan pengelolaan operasionalisasi kendaraan dinas di TNI-AL Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 16 Jan 2015 16:14
Last Modified: 16 Jan 2015 16:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10264

Actions (login required)

View Item View Item