MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK USIA DINI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI KELOMPOK B2 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KEMALA BHAYANGKARI 26 KOTA BENGKULU)

Triani, Indah Diza and Nina , Kurniah and Anni , Suprapti (2015) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK USIA DINI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI KELOMPOK B2 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KEMALA BHAYANGKARI 26 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-ind.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (22MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-ind.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (22MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan menyimak anak pada kelompok B2 Pendidikan Anak Usia Dini Kemala Bhayangkari 26 Kota Bengkulu?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak pada anak usia dini melalui penggunaan media audio visual dalam pembelajaran. Subjek penelitian ini yaitu kelompok B2 berjumlah 18 orang anak yang terdiri dari 6 orang anak perempuan dan 12 orang anak laki-laki. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklusnya diadakan tiga kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan menyimak anak usia dini. Terbukti dengan hasil pengamatan yang dilakukan telah mencapai indikator keberhasilan ≥75% atau dengan nilai 4, yaitu pada hasil akhir di siklus kedua, nilai keterampilan menyimak anak secara klasikal adalah 4,2. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru bahwa dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak pada anak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 16 Jan 2015 16:16
Last Modified: 16 Jan 2015 16:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10265

Actions (login required)

View Item View Item