MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI DONGENG DENGAN MEDIA FILM PADA KELOMPOK B2 PAUD MULIA KECAMATAN PASAR MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Rahayu, Indah and I Wayan , Dharmayana and Imranuddin, Imranuddin (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI DONGENG DENGAN MEDIA FILM PADA KELOMPOK B2 PAUD MULIA KECAMATAN PASAR MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-ind.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-ind.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode dongeng dengan media film dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak pada kelompok B2 PAUD Mulia Kabupaten Bengkulu Selatan dan untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui metode dongeng dengan media film pada kelompok B2 PAUD Mulia Kabupaten Bengkulu Selatan. Sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian, metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilakukan dalam 4 (empat) langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, melakukan observasi dan evaluasi dan melakukan refleksi dan dilakukan berulang-ulang dan terdiri dari beberapa siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik Kelompok B2 PAUD Mulia Kabupaten Bengkulu Selatan yang berjumlah 15 orang yang terdiri atas 7 orang anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan anak dengan teknik analisis data menggunakan analisis statistik sederhana yaitu persentase. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas diperoleh pencapaian tertinggi indikator penilaian pada siklus I yaitu 60% sedangkan pada siklus II pencapaian tertinggi indikator penilaian yaitu 86,67% yang berarti terdapat peningkatan dari siklus pertama dan kedua sehingga meninjukkan bahwa kemampuan berbahsa anak dapat meningkat melalui dongeng dengan media film.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 16 Jan 2015 16:27
Last Modified: 16 Jan 2015 16:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10266

Actions (login required)

View Item View Item