UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK DI PAUD SEJAHTERA KOTA BENGKULU

Yuhasnah, Yuhasnah and I , Wayan Dharmayana and Wembrayarli, Wembrayarli (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK DI PAUD SEJAHTERA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-yuh.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (327kB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-yuh.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (322kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak pada usia dini dengan menggunakan madia balok pada kelompok B di PAUD Sejahtera Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas B PAUD Sejahtera Kota Bengkulu dengan jumlah siswa 10. Latar belakang masalah ini terletak pada kemampuan kognitif siswa kelompok B yang kurang menguasahi materi kognitif antara lain: siswa belum bisa mengenal konsep 1-10, mengenal konsep geometri dan memasangkan benda sesuai dengan pasangannya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada kegiatan perencanaan guru menyiapkan RKH. Kegiatan Observasi guru dibantu oleh teman sejawat untuk menilai aktifitas guru dalam mengajar. Pada kegiatan refleksi guru mengkaji keberhasilan dalam penelitian apakah sudah sesuai dengan indikator atau belum, jika belum tercapai maka penelitian harus dilakukan kembali. Dalam metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain dengan menggunakan balok dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di PAUD Sejahtera Kota Bengkulu. Hal ini di tandai dari tercapainya indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas dan adanya peningkatan rata-rata hasil kognitif anak pada siklus I sebesar 40%, sedangkan pada siklus II peningkatan 50% menjadi 90%, selain itu aktifitas anak dalam mengikuti pembelajaran juga terlihat semakin meningkat. Saran dari hasil penelitian tindakan kelas ini adalah: dengan menggunakan media balok dapat memusatkan perhatian siswa, dapat menghindari kejenuhan dalam mengikuti proses belajar-mengajar dengan cara guru memberikan pembelajaran yang menyenangkan,dan terakhir balok sangatlah penting bagi perkemangan anak di berbagai bidang antara lain bidang kognitif, sosial, matematika, motorik halus dan kasar serta pembelajaran sosialnya. Kesimpulan yang dapat diambil dalam skripsi ini adalah ada peningkatan kemampuan kognitif pada Anak PAUD Sejahtera Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 19 Jan 2015 09:08
Last Modified: 19 Jan 2015 09:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10273

Actions (login required)

View Item View Item