PENERAPAN PERMAINAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI PAUD BUNDA PKK LUBUKLINGGAU

Lestari, Lestari and Rambat, Nur Sasongko and Agus , Joko Purwadi (2015) PENERAPAN PERMAINAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI PAUD BUNDA PKK LUBUKLINGGAU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-les.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-les.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini yaitu apakah dengan permainan kucing dan tikus dapat meningkatkan sosial emosional anak pada usia dini. Tujuan penelitian untuk meningkatkan sosial emosional anak pada usia dini. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yang terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dengan indikator keberhasihan adalah 75%. Hasil penelitian ini pun menunjukkan bahwa dalam meningkatkan kecerdasan logika matematika anak dengan pengenalan warna dan bentuk diperoleh hasil sebagai berikut; pada siklus satu dalam pembelajaran tikus dan kucing untuk meningkatkan sosial emosional anak memperoleh hasil rata-rata 62 dengan kategori cukup. Pada siklus kedua mengalami peningkatan dalam pembelajaran dengan dengan pengenalan permainan tikus dan kucing memperoleh hasil rata-rata 81% dengan kategori sangat baik dan sudah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan kooperatif dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak pada usia dini pada siswa Paud PAUD Bunda PKK Kelompok B tahun pembelajaran 2014 /2015.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 19 Jan 2015 09:16
Last Modified: 19 Jan 2015 09:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10275

Actions (login required)

View Item View Item