MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN CETAK MENCETAK DENGAN BERBAGAI MEDIA PADA KELOMPOK B1 PAUD MULIA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Herawati, Yeti Yulia and I , Wayan Dharmayana and Imranuddin, Imranuddin (2015) MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN CETAK MENCETAK DENGAN BERBAGAI MEDIA PADA KELOMPOK B1 PAUD MULIA KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-yet.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-yet.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah permainan cetak mencetak dengan berbagai media dapat meningkatkan kreativitas anak pada Kelompok B1 PAUD Mulia Kabupaten Bengkulu Selatan dan untuk mengetahui cara meningkatkan kreativitas anak melalui permainan cetak mencetak dengan berbagai media pada Kelompok B1 PAUD Mulia Kabupaten Bengkulu Selatan Sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian, metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilakukan dalam 4 (empat) langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, melakukan observasi dan evaluasi dan melakukan refleksi dan dilakukan berulang-ulang dan terdiri dari beberapa siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik Kelompok B1 PAUD Mulia Kabupaten Bengkulu Selatan yang berjumlah 15 orang yang terdiri atas 7 orang anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan anak dengan teknik analisis data menggunakan analisis statistik sederhana yaitu persentase. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas diperoleh pencapaian tertinggi indikator penilaian pada siklus I yaitu 46,67% sedangkan pada siklus II pencapaian tertinggi indikator penilaian yaitu 93,33% yang berarti terdapat peningkatan dari siklus pertama dan kedua sehingga meninjukkan bahwa kreativitas anak dapat meningkat melalui kegiatan permainan cetak mencetak dengan berbagai media.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 19 Jan 2015 09:52
Last Modified: 19 Jan 2015 09:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10279

Actions (login required)

View Item View Item