MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL DENGAN TEKNIK GARIS PUTUS-PUTUS (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA PAUD MULIA DESA ARINGIN KECAMATAN KARANG DAPO KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA)

Mulia, Mulia and Rambat, Nur Sasongko and Agus , Joko Purwadi (2015) MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL DENGAN TEKNIK GARIS PUTUS-PUTUS (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA PAUD MULIA DESA ARINGIN KECAMATAN KARANG DAPO KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-mul.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (796kB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-mul.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Masalah yang dianalisa dalam skripsi ini adalah Apakah dengan menggunakan teknik garis putus-putus dapat meningkatkan kreativitas kecerdasan visual pada anak usia 3-5 tahun PAUD Mulia Desa Aringin, Kecamatan Karang Dapo, Kabupaten Musi Rawas Utara? Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Peningkatan kreativitas kecerdasan visual anak usia 3-5 tahun PAUD Mulia Desa Aringin, Kecamatan Karang Dapo, Kabupaten Musi Rawas Utara, dengan menggambar menggunakan teknik garis putus-putus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah anak PAUD Mulia yang berjumlah 18 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Teknik analisis data menggunakan metode statistik sederhana berupa persentase. Setelah melakukan penelitian maka diperoleh persentase menggambar siklus I dan siklus II sebesar 22.22%, dan terjadi peningkatan siklus III sebesar 88.89% dengan kategori baik dan mewarnai siklus I dan siklus II sebesar 0% terjadi peningkatan pada siklus III sebesar 88.89% dengan kategori baik. Jadi kegiatan menggambar menggunakan garis putus-putus dapat meningkatkan kemampuan kecerdasan visual anak karena sudah mencapai standar indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 19 Jan 2015 09:51
Last Modified: 19 Jan 2015 09:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10281

Actions (login required)

View Item View Item