MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI BERMAIN BENTENG-BENTENGAN PADA KELOMPOK B PAUD CAHAYA ANANDA KECAMATAN CURUP SELATAN KABUPATEN REJANG LEBONG

Wiwik, Wiwik and Asep , Suratman and Wembrayarli, Wembrayarli (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI BERMAIN BENTENG-BENTENGAN PADA KELOMPOK B PAUD CAHAYA ANANDA KECAMATAN CURUP SELATAN KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-wiw.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-wiw.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dari penelitian ini adalah apakah dengan kegiatan permainan benteng-bentengan dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini pada Kelompok B PAUD CAHAYA ANANDA Desa Pungguk Lalang Kecamatan Curup Selatan Kabupaten Rejang Lebong. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk melihat apakah dengan melakukan permainan benteng-bentengan dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan tahapan sebagaiberikut : a) perencanaan, b) tindakan, c) observasi, d) refleksi. Subjek penelitian berjumlah 20 orang anak kelas B PAUD CAHAYA ANANDA Desa Pungguk Lalang Kecamatan Curup Selatan Kabupaten Rejang Lebong. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan melalui permainan benteng-bentengan dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak terbukti pada siklus I hanya mencapai indikator keberhasilan 35% dan siklus II mencapai indikator keberhasilan 75%. Dari hasil tersebut maka disarankan kepada guru-guru bahwa melalui permainan benteng-bentengan merupakan cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional pada anak usia dini secara optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 19 Jan 2015 09:59
Last Modified: 19 Jan 2015 09:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10282

Actions (login required)

View Item View Item