UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KREATIVITAS MENGGAMBAR MELALUI PENGAMATAN LINGKUNGAN SEKITAR PADA ANAK KELOMPOK B1 PAUD AN-NUR KEPAHIANG

Yulianti, Tri and Puspa , Djuwita and Rudi , Afriazi (2015) UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KREATIVITAS MENGGAMBAR MELALUI PENGAMATAN LINGKUNGAN SEKITAR PADA ANAK KELOMPOK B1 PAUD AN-NUR KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-tri.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-tri.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan pengamatan lingkungan sekitar dapat meningkatkan kreativitas menggambar di kelompok B1 PAUD AN-NUR Kepahiang, tahun ajaran 2014-2015. Sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian maka penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dalam bentuk 2 siklus dengan subjek 14 orang yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi siswa dan lembar observasi guru. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan menunjukkan hasil bahwa gambar yang dihasilkan anak sesuai dengan tema, minimal 75 dari jumlah anak kreativitasnya kategori baik ( 75), dan menggunakan minimal 5 macam warna sesuai dengan objek. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas sebaiknya peserta didik mendapat kesempatan dalam berkreasi seni secara maksimal, sehingga kreativitas dan kemampuan menggambar anak meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 19 Jan 2015 11:20
Last Modified: 19 Jan 2015 11:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10292

Actions (login required)

View Item View Item