MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR DAN HALUS MELALUI TARIAN TRADISIONAL JARANAN DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) TUNAS BANGSA KABUPATEN SELUMA

Tamirah, Tamirah and I , Wayan Dharmayana (2015) MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR DAN HALUS MELALUI TARIAN TRADISIONAL JARANAN DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) TUNAS BANGSA KABUPATEN SELUMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-tam.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (783kB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-tam.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah” Apakah dengan menarikan Tarian Tradisional Jaranan dapat Mengembangkan Motorik Kasar dan Halus Anak kelompok A Tunas Bangsa Kabupaten Seluma ?” Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan Motorik Kasar dan Halus anak melalui Tarian Tradisional Jaranan.Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus,pada setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan dengan tahapan sebagai berikut: a).Perencanaan, b). Tindakan, c). Pengamatan, d). Refleksi. Subjek penelitian berjumlah 27 orang anak kelas A PAUD Tunas Bangsa di Kabupaten Seluma.Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi dan Dokumentasi. Selanjutnya hasil yang di peroleh di analisis dengan . Penenlitian ini menunjukan adanya pengembangan pada motorik anak setelah di terapkanya melalui tarian tradisional jaranan. Analisis data dilakukan dengan cara dinilai seluruh siswa di jumlahkan dan di rata-rata kemudian dibandingankan antara hasil siklus pertama dengan siklus ke dua. Selisih rata-rata nilai dari siklus pertama dan kedua di persentasekan. Hasil penelitian menunjukan perbandingan rata-rata nilai dari siklus satu ke siklus dua yaitu 84,40% meningkat menjadi 90% artinya pengembangan motorik kasar dan halus anak pada anak PAUD Tunas Bangsa meningkat dengan baik yaitu 5,6 %. Disarankan dalam pembelajaran pada anak harus menarik dan menyenangkan sehingga anak aktif terlibat dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 19 Jan 2015 14:24
Last Modified: 19 Jan 2015 14:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10295

Actions (login required)

View Item View Item