PENERAPAN METODE EKSPERIMEN BERBANTUAN MEDIA ALAM UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK KELAS B1 PAUD SRIKANDI DI KABUPATEN KEPAHIANG (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Susi, Susanti and Puspa , Djuwita and Rudi , Afriazi (2015) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN BERBANTUAN MEDIA ALAM UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK KELAS B1 PAUD SRIKANDI DI KABUPATEN KEPAHIANG (PENELITIAN TINDAKAN KELAS). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-sus.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-sus.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Adapun masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode eksperimen berbantuan media alam dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia dini melalui kegiatan mengukur media alam. Penelitian ini merupakanPenelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian anak kelompok B1 PAUD Srikandi Kabupaten Kepahiang tahun ajaran 2014-2015 berjumlah 16 anak. Pada pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdapat 4 tahapan terdiri dari (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan Tindakan (3) Observasi (4) Refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan diolah melalui persentase ketuntasan belajar secara klasikal. Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan dapat disimpulkan penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika anak di PAUD Srikandi Kabupaten Kepahiang, dengan pencapaian ketuntasan atau keberhasilan belajar mencapai 87,5%. Disarankan pada guru PAUD agar menggunakan metode eksperimen berbantuan media alam untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 19 Jan 2015 14:52
Last Modified: 19 Jan 2015 14:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10297

Actions (login required)

View Item View Item