MENINGKATKAN KECERDASAN MATEMATIKA SEDERHANA ANAK MELALUI PERMAINAN SETANGGA GUNUNG DAN MERONCE KERTAS ANGKA PADA KELOMPOK B PAUD LESTARI BANDAR AGUNG KECAMATAN ULU MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Minarni, Minarni and I Wayan , Dharmayana and Imranuddin, Imranuddin (2015) MENINGKATKAN KECERDASAN MATEMATIKA SEDERHANA ANAK MELALUI PERMAINAN SETANGGA GUNUNG DAN MERONCE KERTAS ANGKA PADA KELOMPOK B PAUD LESTARI BANDAR AGUNG KECAMATAN ULU MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-min.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-min.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah permainan setangga gunung dan meronce kertas angka dapat meningkatkan kecerdasan matematika sederhana anak pada kelompok B Paud Lestari Desa Bandar Agung Kecamatan Ulu Manna Kabupaten Bengkulu Selatan dan untuk mengetahui cara meningkatkan kecerdasan matematika sederhana anak pada kelompok B Paud Lestari Desa Bandar Agung Kecamatan Ulu Manna Kabupaten Bengkulu Selatan dengan menggunakan permainan setangga gunung dan meronce kertas angka. Sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian, metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilakukan dalam 4 (empat) langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, melakukan observasi dan evaluasi dan melakukan refleksi dan dilakukan berulang-ulang dan terdiri dari beberapa siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B Paud Lestari Desa Bandar Agung Kecamatan Ulu Manna Kabupaten Bengkulu Selatan yang berjumlah 14 orang yang terdiri atas 7 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan anak dengan teknik analisis data menggunakan analisis statistik sederhana yaitu persentase. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas diperoleh pencapaian tertinggi indikator penilaian pada siklus I yaitu 64,29% sedangkan pada siklus II pencapaian tertinggi indikator penilaian yaitu 92,86% yang berarti terdapat peningkatan dari siklus pertama dan kedua sehingga meninjukkan bahwa kecerdasan matematika sederhana anak dapat meningkat melalui permainan setangga gunung dan meronce kertas angka.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 19 Jan 2015 14:52
Last Modified: 19 Jan 2015 14:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10298

Actions (login required)

View Item View Item