MENINGKATKAN KEBIASAAN BERBICARA SOPAN MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN BUKU CERITA BERGAMBAR DI KELOMPOK B PAUD PELITA KASIH CURUP

Winarsih , Sri and Amril , Chanrhas and Yulidesni, Yulidesni (2015) MENINGKATKAN KEBIASAAN BERBICARA SOPAN MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN BUKU CERITA BERGAMBAR DI KELOMPOK B PAUD PELITA KASIH CURUP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-sri.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-sri.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di PAUD Pelita Kasih Curup yaitu masih kurangnya kemampuan anak dalam berbicara sopan khususnya dalam hal mendengarkan orang lain, sabar menunggu giliran bicara serta mengucapkan perkataan yang sopan pada anak kelompok B PAUD Pelita Kasih Curup Kabupaten Rejang Lebong. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melaui metode bercerita menggunakan buku cerita bergambar dapat meningkatkan kebiasaan berbicara sopan pada kelompok B PAUD Pelita Kasih Curup Kabupaten Rejang Lebong. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B sebanyak 20 orang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Pada siklus satu pertemuan satu dan dua dilaksanakan pada tanggal 29 dan 30 September 2014. Siklus dua pertemuan satu dan dua dilaksanakan tanggal 1 dan 2 Oktober 2014. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan hasil observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa pada siklus satu pada aspek mendengarkan orang lain berbicara yang memperoleh nilai B sebanyak 20% dan pada siklus dua meningkat menjadi 95%, untuk aspek sabar menunggu giliran bicara dari 10% pada siklus satu meningkat menjadi 85% pada siklus dua, dan untuk aspek berbicara sopan yang mendapat nilai baik 15% pada siklus satu meningkat menjadi 95% pada siklus dua. Hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan metode bercerita menggunakan buku cerita bergambar dapat meningkatkan kebiasaan berbicara sopan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 19 Jan 2015 15:49
Last Modified: 19 Jan 2015 15:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10310

Actions (login required)

View Item View Item