UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA BALOK CUISENAIRE DI KELOMPOK TAMAN KANAK-KANAK B.1 PADANG ULAK TANDING KABUPATEN REJANG LEBONG

Susanti, Sri (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA BALOK CUISENAIRE DI KELOMPOK TAMAN KANAK-KANAK B.1 PADANG ULAK TANDING KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-sri.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-sri.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan mengenal angka anak dikelas B.1 TK Negeri Pembina padang Ulak Tanding setelah pemanfaatan media balok Cuisenaire, masalah dalam penelitian ini adalah 1). Apakah pemanfaatan media balok Cuisenaire dapat meningkatkan kemampuan Mengenal angka pada anak dikelas B.1 TK Negeri Pembina Padang Ulak Tanding ?. 2). Bagaimana prosedur penggunaan media balok Cuisenaire dalam meningkatkan kemampuan Mengenal angka anak dikelas B.1 TK Pembina Padang Ulak Tanding. metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data diamil dari data observasi dan ketuntasan belajar klasikal anak. Pada siklus 1 diketahui bahwa baru sebagian anak yang mengalami peningkatan kemampuan mengenal angka, hal tersebut dibuktikan hanya 6 anak yang dinyatakan mampu mengenal angka dengan pendekatan media balok Cuisenaire. Dengan persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 63,63%. Adapun hasil dari tindakan kelas siklus II jumlah anak yang meningkat kemampuanya dalam mengeal angka menjadi 9 anak dan hanya 2 anak yang dinyatakan belum berhasil . Pada siklus kedua ini anak sudah mencapai 81,81 %, maka pada siklus kedua ini sudah mencapai tingkat keberhasilan. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan media permainan ular tangga sebagai upaya peningkatan kecerdasan logika matematika anak terbukti efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 20 Jan 2015 09:09
Last Modified: 20 Jan 2015 09:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10313

Actions (login required)

View Item View Item