MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI CERITA BERGAMBAR PADA KELOMPOK B PAUD WIJAYA KUSUMA KECAMATAN CURUP TENGAH

Nurlaili, Siti and Amril , Canrhas and Yulidesni, Yulidesni (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI CERITA BERGAMBAR PADA KELOMPOK B PAUD WIJAYA KUSUMA KECAMATAN CURUP TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-sit.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-sit.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran sejauh mana kemampuan berbahasa anak melalui cerita bergambar pada kelompok B PAUD Wijaya Kusuma Kecamatan Curup Tengah Tahun Ajaran 2014 /2015. Berdasarkan latar belakang masalah di PAUD Wijaya Kusuma Kecamatan Curup Tengah maka dapat diidentifikasikan dari beberapa masalah diantaranya masih banyak anak-anak yang belum mampu menyampaikan ide-idenya karena kosakata yang dimiliki anak masih sedikit, anak belum mampu berbicara dengan kalimat yang lebih kompleks. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas subyek 20 anak. Teknik penelitian yang digunakan dalam menggunakan penelitian ini adalah teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, data yang diperoleh di analisis menggunakan teknik hitung persentase. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus pada setiap sijklus terdiri dari dua pertemuan, dan tiga aspek penilaian setiap satu siklus. Dari hasil penelitian pada siklus satu aspek kemampuan anak mengulang kembali ceria yang disampaikan mencapai 17,5%, aspek perkembangan kosa kata anak dalam menyampaikan cerita mencapai 25%, aspek pembentukan kata ke dalam kalimat yang betul dan dapat dipahami oleh orang lain mencapai 25%. Pada siklus dua aspek kemampuan anak mengulang kembali cerita yang disampaikan mencapai 77,5%, aspek perkembangan kosa kata anak dalam menyampaikan cerita mencapai 82,5%, aspek pembentukan kata ke dalam kalimat yang betul dan dapat dipahami oleh orang lain mencapai 87,5%. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar karena keantusiasan anak untuk ikut berperan secara aktif dalam kecermatan pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran melalui metode cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak pada kelompok B PAUD Wijaya Kusuma Kecamatan Curup Tengah Tahun 2014/2015 dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 20 Jan 2015 10:21
Last Modified: 20 Jan 2015 10:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10321

Actions (login required)

View Item View Item