MENGEMBANGKAN KESOSIALAN ANAK MELALUI PERMAINAN KOOPERATIF PADAANAK KELOMPOK B DI PAUD MELATI „AISYIYAH CURUP KABUPATEN REJANG LEBONG

Hartati, Niti and Amril, Canrhas and Yulidesni, Yulidesni (2015) MENGEMBANGKAN KESOSIALAN ANAK MELALUI PERMAINAN KOOPERATIF PADAANAK KELOMPOK B DI PAUD MELATI „AISYIYAH CURUP KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-nit.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-nit.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Permasalahan yang diungkap adalah bagaimana mengembangkan kesosialan anak melalui permainan pasar-pasaran masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah penerapan permainan kooperatif bermain pasar-pasaran dapat meningkatkan kemampuan kesosialan anak usia dini? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kesosialan anak di kelompok B PAUD Melati „Aisyiyah Curup. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B sebanyak 20 orang anak, yang terdiri dari 11 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan yang berumur 5-6 tahun di PAUD Melati „Aisyiyah Curup. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan penugasan.Data dianalisis dengan menggunakan rumus statistik sederhana yaitu persentase. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan siklus ke 1 pertemuan ke 1 pada aspek bermain bersama mencapai 17,5%, meningkat menjadi 25%. Pada aspek mematuhi aturan 25% meningkat menjadi 77%. Pada siklus ke satu anak memperoleh nilai baik 25% meningkat 82,5% pada siklus kedua. Untuk aspek bekerja sama, anak memperoleh nilai baik pada siklus ke satu 25% meningkat menjadi 87,5% pada siklus ke dua. Hal ini membuktikan bahwa dengan bermain pasar-pasaran dapat mengembangkan kesosialan anak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 20 Jan 2015 10:29
Last Modified: 20 Jan 2015 10:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10322

Actions (login required)

View Item View Item