MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI PERMAINAN SEPEDA TANDEM PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B PAUD BUAH HATI BUNDA DESA AIRLANANG KECAMATAN CURUP SELATAN KABUPATEN REJANG LEBONG

Mariance, Silvy and Wembrayarli, Wembrayarli and Asep , Suratman (2015) MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI PERMAINAN SEPEDA TANDEM PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B PAUD BUAH HATI BUNDA DESA AIRLANANG KECAMATAN CURUP SELATAN KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-sil.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-sil.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Permasalahan dari penelitian ini adalah apakah dengan kegiatan permainan sepeda tandem dapat meningkatkan keterampilan sosial emosional anak usia dini pada kelas B PAUD BUAH HATI BUNDA Desa Air lanang Kecamatan Curup Selatan Kabupaten Rejang Lebong. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk melihat apakah dengan melakukan permainan sepeda tandem dapat meningkatkan keterampilan social emosional anak anak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan tahapan sebagai berikut : a) perencanaan, b) tindakan, c) observasi, d) refleksi. Subjek penelitian berjumlah 10 orang anak kelas B PAUD BUAH HATI BUNDA Desa Air lanang Kecamatan curup selatan Kabupaten Rejang Lebong. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan melalui permainan sepeda tandem dapat meningkatkan keterampilan social emosional anak terbukti pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ternyata terbukti dengan hasil pengamatan yang dilakukan telah mencapai indikator keberhasilan 75%. Dari hasil tersebut maka disarankan kepada guru-guru bahwa melalui permainan sepeda tandem merupakan cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan sosial emosional pada anak usia dini secara optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 20 Jan 2015 10:42
Last Modified: 20 Jan 2015 10:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10325

Actions (login required)

View Item View Item