MENINGKATKAN KETRAMPILAN SOSIAL ANAK 3-4 TAHUN MELALUI PEMBIASAAN PERILAKU (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI TK DHARMA WANITA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KOTA BENGKULU TAHUN 2014)

Febryameta, Silvia and Nina , Kurniah and Rita , Sinthia (2015) MENINGKATKAN KETRAMPILAN SOSIAL ANAK 3-4 TAHUN MELALUI PEMBIASAAN PERILAKU (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI TK DHARMA WANITA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KOTA BENGKULU TAHUN 2014). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-sil.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,III-14-sil.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang peningkatan ketrampilan sosial melalui pembiasaan perilaku anak 3-4 tahun di TK Dharma Wanita Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus empat kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 12 orang yaitu 5 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Dari hasil pengumpulan data melalui lembar observasi tentang sikap kerjasama, sikap toleransi, sikap budaya antri dan sikap mandiri anak dengan teknik yang digunakan melalui persentasi pada hasil siklus I rata-rata anak yang selalu melakukan hanya 12,5 % sedangkan di siklus II rata-rata anak yang selalu melakukan meningkat mencapai 89,6 %. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan ketrampilan sosial anak usia 3-4 tahun melalui pembiasaan perilaku dan disarankan baik bagi guru maupun orang tua dan lembaga dapat menggunakan pembiasaan perilaku yaitu dengan pengulangan, bimbingan serta reward, untuk meningkatkan ketrampilan sosial anak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 20 Jan 2015 10:55
Last Modified: 20 Jan 2015 10:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10327

Actions (login required)

View Item View Item