MENINGKATKAN KEMAMPUAN VERBAL ANAK MELALUI PERMAINAN MENYUSUN BALOK DI PAUD CAHAYA IBU DESA TANJUNG DALAM KECAMATAN CURUP SELATAN

Nurbaiti, Nurbaiti and Puspa , Djuwita and Rudi , Afriazi (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN VERBAL ANAK MELALUI PERMAINAN MENYUSUN BALOK DI PAUD CAHAYA IBU DESA TANJUNG DALAM KECAMATAN CURUP SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-nur.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-nur.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan verbal anak melalui permainan menyusun balok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelompok B1, berjumlah 20 orang, terdiri 8 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi guru dan siswa. Data diolah dengan menggunakan teknik penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil kegiatan penelitian tindakan kelas dalam pembahasan dan analisis yang telah dilakukan melalui permainan menyusun balok yang dapat meningkatkan kemampuan verbal anak kelompok B1 paud cahaya ibu curup selatan. Hal ini dapat dapat terlihat dari hasil dalam peningkatan perkembangan penelitian, yaitupada siklus pertama mengalami ketuntasan sebesar 30% dikatagorikan baik, 30% dikatagorikan cukup, dan sebanyak 40% mengalami ketidaktuntasan. Sedangkan pada siklus ke II mengalami ketuntasan sebanyak 80% dikatagorikan baik dan 20% dikatagorikan cukup dan tidak ada yang mengalami ketidaktuntasan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 20 Jan 2015 11:14
Last Modified: 20 Jan 2015 11:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10332

Actions (login required)

View Item View Item